Rekomendasi

Kampanye Pilgub 2018, Gakkumdu Sukoharjo Fokus Awasi Isu Sara dan Money Politik

Senin, 12 Februari 2018 : 16.18
SUKOHARJO - Isu Sara dan Money Politik akan mendapat perhatian khusus Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Sukoharjo pada pelaksanaan kampanye Pemilu Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2018 Juni mendatang.

Hal itu dikatakan Koordinator Sentra Gakkumdu Sukoharjo, Eko Budiyanto usai acara penandatanganan MOU Gakkumdu antara Panwaslu Sukoharjo, Polres Sukoharjo dan Kejari Sukoharjo di aula Kejari setempat, Senin (12/2/2018).

Maraknya penggunaan Media Sosial (medsos) di tenggarai berpotensi menjadi ajang kampanye masing-masing pendukung Pasangan Calon (Paslon) untuk saling mendeskreditkan dengan menyebar isu sara hingga berita hoax.

Eko yang juga salah satu Komisioner Panwaslu Sukoharjo Bidang Hukum, Penindakan dan Pelanggaran ini menyampaikan, dalam aturan kampanye nanti, masing-masing akun tim kampanye harus didaftarkan terlebih dulu.

"Kalau tidak terdaftar, berarti sudah masuk kategori pelanggaran," tegasnya

Sedangkan Kepala Kejari Sukoharjo, Bambang Marwoto selaku Penasehat / Pengarah Sentra Gakkumdu menekankan kepada anggota Gakkumdu dalam mengawal jalannya pesta demokrasi Pilgub Jateng 2018 harus benar-benar netral.

"Kita tidak boleh menerima titipan dari salah satu peserta pemilu. Sebisa mungkin setiap penangganan perkara dugaan pelanggaran Pemilu dapat diputus selesai secepatnya. Paling tidak dalam waktu 1 x 24 jam," ujarnya.

Agar lebih mudah berkoordinsai, Kejari meminta setiap personil baik dari Panwaslu, Kepolisian dan Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu saling bertukar nomor telepon.

"Ini untuk memudahkan bila sewaktu-waktu dihubungi selalu siap. Tingkatkan koordinasi, singkirkan ego-ego demi suksenya penyelenggaraan pemilu," tegasnya

Sementara dari jajaran Polres Sukoharjo, Kabag Ops Polres Sukoharjo, Kompol Teguh yang hadir mewakili Kapolres AKBP Iwan Saktiadi menegaskan pihaknya telah berkomitmen untuk selalu menjaga netralitas.

"Kami menjunjung tinggi komitmen bersikap netral," pungkasnya. (Sapto Nugroho/martin)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners