Rekomendasi

KPU Sukoharjo, Parpol Tak Memenuhi Syarat Belum Tentu Gagal Jadi Peserta Pemilu 2019

Kamis, 08 Februari 2018 : 17.07
Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto (tengah) menyampaikan hasil verifikasi parpol di Sukoharjo dalam rapat pleno. (Sapto Nugroho)
SUKOHARJO - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo, Kuswanto menyebutkan, hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik (parpol) Calon Peserta Pemilu 2019, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dinyatakan satu-satunya parpol yang tak memenuhi syarat.

Sedangkan diluar PKPI, terdapat dua parpol, Hanura dan Berkarya dinyatakan tidak dapat mengikuti pemilu 2019 di Sukoharjo lantaran sejak awal tidak mengikuti proses pendaftaran maupun tahapan verifikasi.

Meski begitu, peluang untuk partai yang tidak memenuhi syarat (PKPI) mengikuti Pemilu 2019 di Sukoharjo masih sangat terbuka sepanjang kepengurusannya di tingkat pusat oleh KPU pusat dinyatakan mememenuhi syarat.

"Untuk lolos ditingkat pusat tentunya parpol yang bersangkutan terlebih dulu kepengurusannya di semua tingkat provinsi yang ada di Indonesia harus lolos 100 persen," terang Kuswanto usai gelar Rapat Pleno di Hotel Best Western Premiere Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kamis (8/2/2018).

Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, menandatangani hasil verifikasi parpol usai gelar rapat pleno. (Sapto Nugroho)
Dalam rapat pleno tersebut, dari 14 parpol sebanyak 13 diantarnya dinyatakan Memenuhi Syarat, masing-masing adalah, Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, PBB, Partai Garuda, Partai Perindo, dan PSI.

Disebutkan Kuswanto, ada empat poin utama verifikasi faktual yang dilakukan KPU yakni, kepengurusan, keterwakilan 30 persen perempuan, keberadaan kantor dan daftar keanggotaan sesuai Sipol KPU.

“Selanjutnya, hasil rapat pleno yang dituangkan dalam berita acara pada hari ini dan akan kami sampaikan ke KPU Provinsi,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, tidak semua pengurus parpol yang diundang KPU dapat hadir. Usai penandatanganan berita acara hasil verifikasi, masing-masing parpol oleh KPU di berikan salinannya termasuk kepada Panwaslu Sukoharjo. (Sapto Nugroho/Martin)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners