Rekomendasi

PPP Serta PKPI Terancam Tak Bisa Ikut Pemilu 2019, Kenapa?

Jumat, 02 Februari 2018 : 22.31
SUKOHARJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo menyampaikan, berdasarkan hasil verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 di Sukoharjo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dinyatakan belum memenuhi syarat.

Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto menyebutkan, sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) verifikasi faktual telah dilaksanakan pada 30 Januari hingga 1 Februari.

"Hasilnya, PPP dan PKPI dinyatakan belum memenuhi syarat," terangnya saat menyampaikan salinan berita acara hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2019 di kantor KPU Sukoharjo, Jum'at (2/2/2018).

Kedua parpol ini tidak mampu memenuhi syarat keterwakilan minimal 30 persen pengurus perempuan dan data keanggotaan sesuai Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU.

PKPI masih harus melengkapi kekurangan dan mengirimkan data ke Sistem Informasi Politik (Sipol) sebanyak 1.152 orang sedang untuk PPP sebanyak 320 orang.

“Tim verifikasi faktual sudah mendatangi kantor PKPI ditemui Ketua DPC PKPI Sukoharjo. Dan mereka menyatakan akan mengirimkan berkas kelengkapan di masa perbaikan,” kata Kuswanto.

Selanjutnya kedua parpol sebut Kuswanto, memiliki kesempatan masa perbaikan selama 3 hari, mulai tanggal 3 hingga 5 Februari mendatang. Jika sampai masa perbaikan tidak dilengkapi, maka dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang.

"Nanti masih dilakukan verifikasi faktual ulang pada 6 Februari. Setelah itu, KPU Sukoharjo akan melaksanakan rapat pleno hasil final verifikasi faktual pada 9-10 Februari dan mengirimkan hasilnya ke KPU Provinsi Jateng. Sedangkan penetapan parpol peserta pemilu 2019 akan dilakukan pada 17 Februari oleh KPU Pusat," pungkasnya. (Sapto Nugroho/Martin)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners