Rekomendasi

Teguhkan Integritas, Forum Advokat Alumni UII Gelar Deklarasi

Senin, 05 Februari 2018 : 21.55
ilustrasi (Imgrum)
YOGYAKARTA - Selama ini, tak sedikit para advokat menjalani profesi pada pembelaan hukum semata. Seperti, hak-hak klien dalam lembaga peradilan. Celakanya, banyak diantara advokat itu tidak peduli soal integritas.

Perwakilan Advokat Alumni UII Yogyakarta, Nur Ismanto mengatakan profesi advokat harusnya mampu menghandel pembelaan hukum di dalam dan luar lembaga peradilan. Advokat juga harus tetap mengedepankan integritas sebagai profesi officium nobile.

"Paradikma lama yang membentuk pemikiran advokat hanya mengeluti dunia peradilan harus segera diubah pada orientasi pemberdayaan hukum dan pembangunan ekonomi yang dilakukan dengan penuh integritas," katanya dalam keterangan pers, di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum UII, Jalan Lawu No 1 Kotabaru, Yogyakarta, Senin (5/2/2018).

Untuk meneguhkan kembali integritas seorang advokat, keluarga besar Advokat Alumni UII akan mengelar Silaturahmi Nasional dan Deklarasi Forum Advokat UII pada 10 Februari 2018 nanti di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta.

Temanya, meneguhkan Integritas dan optimalisasi peran advokat alumni UII dalam pembangunan hukum nasional.

Ketua Panitia, Budi Agus Riawandi menambahkan ada beberapa alasan kenapa gerakan moral meneguhkan integritas advokat ini dilakukan. Pertama, profesi advokat mulai mengalami pergeseran nilai dan orientasi dalam memerankan profesinya.

"Komitmen terhadap nilai kebenaran dan keadilan nampaknua mulai tergeser dengan nilai materialism dan hedonism," katanya.

Kedua, imbuhnya, profesi advokat dihadapkan pada kompleksitas permasalahan hukum di era globalisasi dan teknologi saat ini. Ketiga, profesi advokat merupakan bagian dari catur wangsa penegak hukum.

"Peningkatan kapasiraa advokat baik secara integritas dan profesionalisme merupakan suatu hal yang tidak dapat dielakan," katanya.

Sejumlah tokoh bakal hadir dalam deklarasi ini, misalnya Mahfud MD, Artidjo Alkostar yang tak lain Hakim Agung, Abdul Haris Semendawai yang merupakan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi Korban, Suparman Marzuki eks Ketua KY dan masih banyak lainnya. (dab/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners