Rekomendasi

Awas! Buang Sampah Sembarangan di Sukoharjo, Kurungan Tiga Bulan Menanti

Senin, 19 Maret 2018 : 19.12
Published by Hariankota
Awas! Buang Sampah Sembarangan di Sukoharjo, Kurungan Tiga Bulan Menanti (Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, bakal menindak tegas pelaku pembuang sampah sembarangan. Ancaman pidana ataupun denda disebutkan akan diterapkan.

Kepala DLH Sukoharjo, Djoko Sutarto‎, Senin (19/3/2018) menyampaikan, langkah itu terpaksa akan dilakukan lantaran rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, apalagi para pengguna kendaaran. 

"Tindakan membuang sampah di jalan merupakan suatu pelanggaran. Hal itu sudah dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Sukoharjo Nomor 16 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah," katanya.

Dalam pasal 34 point f lanjut Djoko, dijelaskan membuang sampah tidak pada tempat yang telah ditentukan dan disediakan ‎termasuk dari kendaraan merupakan pelanggaran pasal 34 huruf F.

"Sanksinya berupa pidana kurungan paling lama tiga bulan dan / atau denda paling banyak Rp 50 Juta," tandasnya

Menurut Djoko perbuatan tersebut selain membahayakan pengendara lain juga membuat lingkungan di Kota Makmur menjadi kumuh. Bahkan di beberapa tempat muncul tumpukan sampah liar yang tentunya mengurangi keindahan kota.

Agar penerapan aturan ini bisa berjalan efektif, masyarakat yang peduli dengan kebersihan lingkungan dihimbau mengambil peran ikut menjadi pengawas dan berani menangkap pelaku yang melanggar Perda.

"Ini adalah tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat, jika ada yang ketahuan bisa ditangkap atau laporkan ke kami," tegasnya.(Sapto Nugroho/gun)
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners