Rekomendasi

Datangi Mapolres, Pengacara Ini Pertanyakan Status Penahanan Tokoh MPL Sukoharjo

Kamis, 15 Maret 2018 : 22.08
Sumarsoni dari LBH Wening menunjukan surat kuasa dari BHW aktivis MPL Sukoharjo, tersangka pelanggaran UU ITE ( Foto. Sapto Nugroho)
SUKOHARJO - Ditangkapnya salah satu tokoh Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) Sukoharjo yang aktif menyuarakan penolakan operasional PT Rayon Utama Makmur (RUM) karena bau limbahnya, Bambang Hesthi Wahyudi (BHW) atas dugaan pelanggaran UU ITE dipertanyakan.

Sumarsoni dari kantor LBH Wening yang mengklaim sebagai kuasa hukum BHW, Kamis (15/3/2018) mendatangi Mapolres Sukoharjo untuk menanyakan kejelasan status kliennya sebagai tersangka pelanggaran UU ITE dalam kasus apa.

"Tadi saya mau menghadap Kapolres minta penjelasan terkait penangkapan BHW itu kasus ITE yang pelaporan salah satu Parpol atau terkait PT RUM," sebutnya.

Dijelaskan Sumarsoni, bahwa BHW sebelumnya pada Desember 2017 pernah dilaporkan salah satu fungsionaris PDI Perjuangan Sukoharjo terkait konten dalam media sosial yang dinilai bermuatan fitnah, dan sudah mendapat panggilan untuk diperiksa.

Selanjutnya, dalam kasus dugaan pelanggaran UU ITE atas laporan fungsionaris partai tersebut, BHW menunjuk Sumarsoni dan rekan menjadi kuasa hukumnya yang dituangkan melalui surat kuasa tertanggal, 02 Januari 2018.

"Tapi Kapolres tidak ada ditempat jadi saya belum mendapat kejelasan mengenai status penahanan BHW," katanya.

Selain itu, Sumarsoni akan mengajukan penangguhan penahanan apabila bukti awal untuk ditangkap, diperiksa dan ditahan cukup. Untuk kepentingan tersebut dia akan berkoordinasi dengan pihak keluarga BHW. "Kami baru ketemu dengan keluarganya tadi malam," katanya.

Secara hukum kata Sumarsoni, apabila BHW ditangkap karena dugaan pelanggaran UU ITE terkait laporan PDIP pihaknya punya hak mengajukan penangguhan penahanan, begitu juga jika penangkapan dikaitkan dengan PT RUM.

"Ini berdasarkan surat kuasa yang telah ditanda tangani BHW. Untuk saat ini surat permohonan penangguhan penahanan sedang kami susun," pungkasnya. (Sapto Nugroho/Gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners