Rekomendasi

Gawat, Perangkat Desa Belum Terima Gaji Tiga Bulan

Selasa, 20 Maret 2018 : 21.30
Gawat, Perangkat Desa Belum Terima Gaji Tiga Bulan (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Perangkat desa di Kabupaten Karanganyar, belum mendapatkan gaji sejak Januari-Maret 2018. Hal itu terjadi karena alokasi dana desa (ADD) yang biasa digunakan untuk membayar gaji perangkat desa sampai sekarang belum disalurkan.

Salah satu kepala desa yang enggan disebutkan namanya, kepada hariankota.com, mengatakan, anggaran dana desa tahap pertama yang digunakan untuk membayar gaji perangkat desa seharusnya sudah ditransfer ke kas desa pada Januari. Namun ternyata sudah masuk tiga bulan ADD tahap pertama tersebut belum juga keluar. Padahal menurutnya, ADD tersebut, telah diserahkan secara simbolis beberapa waktu lalu, namun hingga saat ini, belum juga dicairkan.

 ” Praktis, para perangkat desa se Karanganyar, selama tiga bulan belum digaji,” katanya kepada hariankota.com, Selasa (20/03/2018).

Dia  menuturkan, para perangkat desa  per bulan menerima gaji Rp 1,6 juta per orang. Namun karena belum ada kepastian ADD tersebut kapan akan diberikanke kas desa, dirinya terpaksa meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Ketua  Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karanganyar, Haryanta, mengaku banyak menerima laporan dari para kepala desa. Yang mengeluhkan belum cairnya dana desa ini. Menurut Haryanta, pihaknya juga telah melakukan pengecekan ke Bank Jateng, namun belum juga ada pencairan.

“ Ternyata rekening peralihan dari BKK ke Bank Jateng belum jadi. Ini kan lucu. Padahal penyerahan secara simbolis tekah dilakukan beberapa waktu lalu,” katanya.

Pihaknya berharap, agar dana desa tersebut segera dicairkan. Karena dampaknya sangat berpengaruh terhadap para perangkat desa.

“ Kita minta pemkab Karanganyar segera mencairkan dana tersebut,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui,  Pemkab Karanganyar menyerahkan secara simbolis alokasi dana desa, dana desa serta bantuan keuangan kepada para kepala desa se Karanganayar, Kamis (15/03/2018) lalu.Kepala Bapermades, Utomo Sidi, mengatakan, penyerahan tahap awal dana desa yang berasal dari APBN ini sebesar Rp138 miliar, alokasi dana desa  sebesar Rp103 miliar serta bantuan keuangan yang berasal dari retribusi daerah sebesar Rp21,266 miliar. (Iwan Iswanda/gun)
Bagikan :

Video: Sandiaga Uno Beri Sorban saat Bertemu Pendukung Jokowi

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners