Rekomendasi

Lima Tersangka PT RUM Jalani 18 Adegan Rekontruksi

Kamis, 22 Maret 2018 : 18.28
Published by Hariankota
ima Tersangka PT RUM Jalani 18 Adegan Rekontruksi (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Tim penyidik gabungan Resmob Polda Jawa Tengah (Jateng) dan Polres Sukoharjo membawa lima tersangka kasus demo anarkis untuk menjalani rekontruksi di PT Rayon Utama Makmur (RUM) di Desa Plesan, Kecamatan Nguter, Kamis (22/3/2018).

Dengan penjagaan ketat petugas, kelima tersangka yakni, Muhammad Hisbun Payu, Sutarno, Kevlin, Sukemi, dan Brilian Yosef Naufal memperagakan adegan rekontruksi mulai dari pukul 12.15 WIB hingga pukul 14.30 WIB.

(Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
 Beberapa adegan yang diperagakan diantaranya, saat melempar bambu ke arah kaca bangunan pos keamanan pabrik, merobohkan pagar teralis hingga pembakaran ban bekas yang berujung terbakarnya pos keamanan.

Kuasa hukum dari LBH Semarang, Ivan Wagner yang ikut mendampingi para tersangka bersama Ketua Peradi Surakarta, Badrus Zaman menyebutkan sesuai jadwal ada 18 adegan utama yang diperagakan dalam rekontruksi.

"Rekontruksi‎ ada 18 adegan besar dan beberapa sub adegan. Namun ada tiga adegan yang di sangkal oleh dua tersangka Sutarno dan Brilian yakni, adegan 3, adegan 11, dan adegan 16,"sebutnya.

Dijelaskan Ivan, adegan 11, Sutarno membantah mendengar adanya suara pelemparan batu, selain itu di adegan 16, dia juga membantah melakukan pemblokiran jalan masuk ke pabrik. Sedang pada adegan 11, Brilian tidak mengakui melempar bambu ke arah pos keamanan.

(Foto:Sapto Nugroho/hariankota)
Dengan adanya bantahan dari dua tersangka ini, menurut Ivan direncanakan ada perubahan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan pihaknya akan menunggu panggilan dari tim penyidik terlebih dulu

Terpisah, Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, tahapan rekontruksi yang dilaksanakan tim penyidik dari Polda Jateng merupakan salah satu kelengkapan proses penyidikan.

"Ini (rekontruksi) adalah hasil pemeriksaan untuk melengkapi berkas terkait pengrusakan saat demo anarkis di PT RUM." ujarnya singkat (Sapto Nugroho/gun)
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners