Rekomendasi

Matahari Berada di garis Khatulistiwa, Hari Ini Indonesia Tanpa Bayangan

Rabu, 21 Maret 2018 : 15.22
JAKARTA - Hari ini beberapa daerah daerah yang tepat berada di garis khatulistiwa akan menyaksikan fenomena hilangnya bayangan yang biasa berada di bawah kaki.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Profesor Doktor Thomas Djamaluddin mengatakan, ini yang disebut sebagai hari tanpa bayangan untuk wilayah ekuator, dan sesungguhnya ini hanya peristiwa biasa tetapi bisa menjadi bahan edukasi publik.

“Bahwa matahari tampak bergeser dari selatan ke utara dan nanti balik lagi dari utara ke selatan. Itu karena kemiringan sumbu rotasi bumi dan pada saat tertentu dua kali dalam setahun wilayah antara 23 derajat lintang utara sampai dengan 23 derajat Lintang Selatan itu mengalami hari tanpa bayangan itu, ketika posisi matahari sama dengan lintang daerah tersebut,” jelasnya, Rabu (21/3/2018).

Lebih lanjut, Djamaluddin menyebut, tanggal 21 Maret ini istimewa, karena memang pada saat ini matahari mencapai posisi equinox.

“Artinya berada pada ekuator yang menyebabkan malam dan siang itu sama panjangnya, dan pada hari ini berada di atas ekuator berarti daerah yang berada di utara khatulistiwa, di Pontianak. Pada hari matahari tepat berada di atas kepala, bayangan itu akan jatuh lebih dekat sehingga tidak tampak bayangan. Jadinya lebih banyak ke arah edukasi publiknya untuk menjelaskan perubahan posisi matahari,” terang dia.

“Hal yang perlu dipahami kadang-kadang pada saat matahari berada di equinox kemudian ada hoax menimbulkan panas yang lebih daripada biasanya. Bahkan pernah juga ada hoax seolah-olah ada gelombang panas. Informasi-informasi seperti itu tidak benar dan perubahan suhu karena posisi matahari di atas kepala itu tidak terlalu signifikan karena secara umum panas matahari akan terdistribusi,” tambah Djamaluddin. (Gunadi)



Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners