Rekomendasi

Pasang Target Tinggi Angka Partisipasi Pemilih, KPU Sukoharjo Gencar Sosialisasi

Selasa, 13 Maret 2018 : 22.03
Loading...
SUKOHARJO - Hajat pesta demokrasi lima tahunan dalam Pilgub Jateng kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo pasang target jumlah partisipasi pemilih cukup tinggi. Angkanya mencapai 77,5 persen.

“Ada kenaikan dibandingkan tingkat partisipasi dalam pemilu gubernur sebelumnya. Target ini merupakan tugas yang sangat berat,” kata Komisioner KPU Sukoharjo Bidang Sosialisasi, Yulianto Sudrajat saat gelar Rapat Koordinasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat dengan Pemangku Kepentingan, Selasa (13/3/2018).

Disebutkan, pada Pilgub Jateng 2013 lalu, partisipasi pemilih di Sukoharjo mencapai 64 persen. Jadi ada kenaikan sekira 13,5 persen yang harus dipenuhi dalam Pilgub yang digelar Rabu Pon, 27 Juni mendatang.

"Meski berat, kami tetap optimistis bisa merealisasikannya. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan terus memperbanyak sosialisasi ke masyarakat khususnya yang punya hak pilih," terangnya.

Sosialisasi selain menyasar Partai Politik (Parpol), Ormas dan tokoh masyarakat, KPU Sukoharjo juga melibatan pemangku kepentingan dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mewakili 12 kecamatan dan Dinas terkait lainnya yang ada di Kota Makmur.

“Misalnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mereka bisa membantu dalam sosialisasi ke siswa sekolah yang sudah memiliki hak pilih. Para pemilih pemula sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub nanti,” tandasnya.

Sementara, Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto menambahkan, suksesnya pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 bukan hanya tanggung jawab KPU Sukoharjo saja tapi juga semua pihak.

"KPU berupaya secara maksimal meningkatkan partisipasi pemilih, baik yang sudah terdaftar maupun pemilih pemula dengan memperbanyak sosialisasi," pungkasnya. (Sapto Nugroho/martin)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners