Rekomendasi

Pengamat: Peluang Dua Paslon Bupati dalam Pilkada Karanganyar Fifty-Fifty

Rabu, 14 Maret 2018 : 20.53
ilustrasi pilkada
KARANGANYAR - Pecah kongsi bupati Karanganyar Juliyatmono dan wakilnya Rohadi Widodo dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karanganyar, memaksa keduanya harus saling berhadapan untuk memperebutkan kursi orang nomor satu di bumi Intanpari.

Banyak yang berspekulasi, jika Rohadi Widodo yang berpasangan dengan Ida Retno Wahyuningsih, akan sulit mengalahkan Juliyatmono yang berpasangan dengan Rober Christanto.

Pengamat politik UNS, M Yamin, ketika dihubungi haraiankota.com, melalui telepon selularnya, Rabu (14/3/2018) mengatakan, keduanya akan bertarung sengit dalam Pilkada Karanganyar tahun 2018 mendatang.

Menurutnya, sebagai pasangan yang sejak tahun 2013 bersama-sama membangun Karanganyar, keduanya berhak untuk mengklaim keberhasilan dalam membangun berbagai infrastruktur di Karanganyar.

“Tidak dapat dipungkiri, keduanya pasti mengklaim berprestasi dan memiliki peran dalam membangun Karanganyar. Jika melihat dari sisi ini, maka keduanya sama-sama berpeluang memenangkan Pilkada,” kata M Yamin melalui telepon selularnya, Rabu (14/3).

Hanya saja, lanjut M Yamin, bupati incumbent memiliki peran yang lebih dominan. Pasalnya, menurut M Yamin, posisi kepemimpinan selama ini, didominasi oleh sang kepala daerah. “Dampaknya, wakil kepala daerah, memiliki keterbatasan dalam akses dan alokasi sumber daya pemerintahan,” jelasnya.

Selain memiliki peran yang lebih dominan, lanjutnya, dari realitas politik, pasanagan Juliyatmono-Rober mendapat dukungan dari partai besar. Dari realitas politik tersebut, peluang Juliyatmono-Rober lebih besar untuk menang.

Meski demikian, dalam politik, tidak ada yang tidak mungkin. Meski didukung dua partai politik, yakni PKS dan Gerindra, pasangan Rohadi-Ida bisa memenangkan pertarungan, dengan catatan pasangan ini menjanjikan akan lebih baik lagi dari sebelumnya dengan berbagai program kerja yang ditawarkan kepada masyarakat, serta seluruh kader bekerja keras untuk meyakinkan warga jika pasangan ini merupakan yang terbaik.

Pasangan Rohadi-Ida serta seluruh simpatisan, kader dan relawan, harus memanfaatkan organisasi kemasyarakatan dan tokoh-tokoh masyarakat untuk menggalang dukungan.

“Saya pikir, tidak ada yang tidak mungkin. Pasangan Rohadi-Ida bisa saja menang dalam Pilkada Karanganyar, apalagi kader PKS sangat militant. Selain memiliki kader, simpatisan dan relawan, pasangan ini juga harus bisa memanfaatkan organisasi kemasyarakatan untuk mendulang suara,” pungkasnya. (Iwan Iswanda/Martin)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners