Rekomendasi

PKS DIY Beri Penganugrahan Ayah Award 2018

Minggu, 25 Maret 2018 : 22.29
Published by Hariankota
PKS DIY Beri Penganugrahan Ayah Award 2018 (Foto: Danang Prabowo/hariankota)
YOGYAKARTA - Anak yang dibesarkan bersama didikan langsung sang ayah, akan memiliki kecerdasan interpersonal dan konsep diri yang kuat terhadap tumbuh kembangnya. Untuk itu, Partai Keadilan Sejahtera DIY melalui Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) terpanggil beri perhatian serius pada peran ayah dalam mendidik anak dan keluarganya.

Ketua BPKK PKS DIY Sri Yatmi mengatakan peran dan tugas dalam mengasuh anak tak hanya menjadi tanggungjawab seorang ibu semata. Seorang ayah, juga berperan penting, selain bertanggungjawab secara ekonomi dan urusan eksternal lingkup keluarga.

"Tidak cukup beban pendidikan dan mengasuh anak hanya dibebankan pada seorang ibu, seorang ayah juga sangat berperan dalam mendidik kemandirian anak dalam keluarga," katanya, Minggu (25/3/2018).

Hal itu disampaikan dalam 'Launching, Seminar dan Penganugrahan Ayah Award' 2018 di Hotel Bintang Fajar, Yogyakarta. Seminar dan Ayah Award ini dilatari juga lauching buku 'Rumah Keluarga Indonesia' edisi ke 5 berjudul 'Ayah di Madrasah Keluarga' yang berkisah tentang perjalanan para ayah dalam peran -parenting- (orang tua bagi anak-anaknya).

Memberi ruang para ayah, diharapkan mampu memunculkan sosok ayah idola bagi anak-anaknya. Sosok ayah tidak cukup mencukupi ekonomi keluarga, tapi juga sebagai panutan bagi keluarganya, sekaligus tokoh di masyarakat.

Terkait Ayah Award, Sri Yatmi menyampaikan ada 48 peserta yang harus diajukan instansi atau orang lain. Peserta tidak boleh mengajukan sendiri dalam kompetisi yang dihelat sebulan lalu hingga pertengahan bulan ini.

"Sebenarnya banyak yang ingin mengajukan, tapi kita batasi hanya wilayah DIY saja. Dari 48 yang diajukan, ada delapan yang mengundurkan diri," katanya.

Audisi sendiri digelar pada 18 Maret 2018 lalu di Kantor DPW PKS DIY. Seleksi pun dilakukan dengan penilaian yang dilakan tim juri hingga akhirnya terdapat sembilan penerima penganugrahan ayah terbaik.

"Tidak ada juara 1, 2 dan seterusnya. Pemberian Award untuk para ayah ini terdapat banyak kategori, misalnya dia ayah yang inspiratif, inovatif, kreatif, produktif, dan lainnya," jelasnya.

Pemberian ayah award ini baru pertama kali dilakukan. Pihak panitia berencana melakukan kegiatan serupa setiap tahunnya untuk memberi inspiratif bagi para ayah.

"Sebenarnya kita lakukan kegiatan ini untuk umum, hanya yang mengikuti kebanyakan dari kader dan simpatisan PKS DIY," imbuhnya.

Robi Barmawanto, salah satu penerim ayah award mengaku sudah 25 tahun dalam membina rumah tangga. Ayah empat anak itu mengaku terus melakukan komunikasi dengan baik dilingkup keluarganya.

"Yang jelas kita komunikatif, tidak ada rahasia dan terbuka satu sama lain. Sebagai orang tua juga mengikuti perkembangan teknologi dan tumbuh kembang anak," jelasnya.

Ia juga mengajak para orang tua, khususnya ayah turut mendidik dan mengarahkan anak-anaknya. Jangan sampai, seorang ayah abai dalam menjalankan tugas mulia dalam membina rumah tangga. (dab/martin)
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More