Rekomendasi

Ribuan Pil. Miras di Musnahkan Kejaksaan Karanganyar

Senin, 26 Maret 2018 : 22.12
Published by Hariankota
Ribuan Pil. Miras di Musnahkan Kejaksaan Karanganyar (Foto:Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar   memusnahkan barang bukti yang kasusnya telah memiliki kekuatan hukum tetap, Senin (26/03/2018). Pemusnahan yang dilakukan di halaman Kejari tersebut, juga disaksikan Pjs bupati Karanganyar, Prijo Anggoro, Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto, serta para pejabat di lingkungan Pemkab setempat.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar, Suhartoyo, mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut, terdiri dari ribuan pil berbagai merk serta ribuan liter minuman keras jenis ciu.Sedangkan barang bukti berupa sabu-sabu, sebagian belum dapat dimusnahkan, karena masih menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar.

Pemusnahan barang bukti berupa pil dan obat-obatan, dilakukan dengan cara diblender. Sebelum dilakukan pemusnahan, seluruh barang bukti, disuntik dengan cairan tinta, agar tidak disalahgunakan lagi. Sedangkan ribuan liter minuman keras, dimusnahkan dengan cara ditimbun di tempat pembuangan akhir sampah yang berada di Kecamatan Jumantono.

‎"Kita melaksanakan ketetapan hakim yang sudah diatur sesuai undang-undang bahwa barang bukti hasil tindak kejahatan yang sudah diputuskan vonisnya di pengadilan harus dimusnahkan untuk mencegah disalahgunakan," kata Suhartoyo, Senin (26/03/2018) di halaman kantor Kejari  Karanganyar.


Barang bukti di musnahkan (Foto:Iwan Iswanda/hariankota)
Kajari juga  menghimbau masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam menekan atau mengurangi peredaran narkotika, obat-obatan dan minuman keras dengan melaporkan berbagai temuan di lapangan yang mencurigakan kepada aparat penegak hukum.

Semantara itu, Pjs bupati Karanganyar, Prijo Anggoro, mengapresiasi langkah pemusnahan yang dilakukan oleh Kejari. Menurutnya, aparat penegak hukum dan masyarakat, haraus saling bersinergi dalam melakukan pengawasan terhadap berbagai tindak kejahatan.

“ Segera laporkan jika ada indikasi akan terjadi tindak kejahatan. Untuk itu, masyarakat dan penegak hukum hars saling bersinergi untuk menjaga Karanganyar dari berbagai aksi kejahatan,” ujar Prijo. (Iwan Iswanda/gun)
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More