Rekomendasi

Rumah Sindikat Pengedar Uang Palsu di Geledah Polisi

Kamis, 22 Maret 2018 : 17.45
Published by Hariankota
Rumah Sindikat Pengedar Uang Palsu di Geledah Polisi (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
SRAGEN - Paska penangkapan sindikat pengedar uang palsu yang dilakukan oleh satu keluarga, Polres Sragen, melakukan penggeledahan di rumah rumah Sujintoro (51)  yang berada di  Dukuh Jimbar Kulon RT 1/5, Guworejo, Karangmalang Kamis (22/3/2018).

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menyampaikan penggeledahan dilakukan menindaklanjuti penangkapan keluarga Suji yang terindikasi mengedarkan upal. Pihaknya masih mengembangkan pengusutan dan penyidikan untuk menguak mata rantai peredaran, termasuk dari siapa mereka memperoleh upal.

"Sejauh ini saudara S itu kita sangkakan sebagai pengedar bersama anak-anaknya.  Istrinya ternyata juga resedivis. Kita masih kembangkan darimana asal upalnya, " terangnya.

Kasat Reskrim AKP Yuli Monasoni, mengatakan, dari penggeledahan yang dilakukan puluhan personel,  tim mengamankan sejumlah barang bukti dari rumah tersangka.

" Kita mengamankan ada compact disc (CD),  printer dan sejumlah kuitansi, " kata  Kasat Reskrim AKP Yuli Monasoni, usai penggeledahan, Kamis (22/03/2018).

Baca:Walah Satu Keluarga Pengedar Uang Palsu Alhasil dibekuk Polisi

Dijelaskannya, barang bukti yang berhasil diamankan tersebut berasal dari  kamar tersangka,  Sujiantoro alias Suji dan kamar putrinya,  Yunarmi alias Yunna (20.

“Dari dalam kamar tersangka Suji. Kuitansi berisi pembelian printer yang diduga kuat berkaitan dengan sindikasi peredaran uang palsu yang dilakukan satu keluarga tersebut,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam penggeledahan tersebut, tim tidak menemukan barang bukti upal lainnya di rumah tersangka. Usai penggeledahan sekitar pukul 12.00 WIB,  tersangka langsung diamankan kembali di Mapolres Sragen.

Sementara itu, keluarga tersangka, terlihat masih shock, mengetahui anggota keluarganya ditangkap karena diduga mengedarkan uang palsu.

"Saya nggak tahu,  baru pulang dari kerja di Solo.  Ibu dari kemarin syok nangis terus dengar adik (Yunna)  dan Mbake (Tatik)  dan bapak ditangkap polisi, " ujar Sarwoko (23) anak nomor dua dari tersangka.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sindikat keluarga yang diduga pengedar uang palsu, diamankan Polres Sragen, Rabu (21/03/2018). terungkapnya sindikat ini berawal dari penangkapan dua tersangka yakni Tatik dan Yunna saatberaksi di wilayah Sukodono, Rabu (21/3/2018) pagi.

Keduanya beraksi sebagai pembeli yang bergerilya membelanjakan upalnya ke sejumlah pedagang Pasar Jatitengah, Kecamatan Sukodono. (Iwan Iswanda/gun)
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners