Rekomendasi

Seru! Ratusan Muda-Mudi di Bali Ikuti Tradisi Omed-Omedan

Senin, 19 Maret 2018 : 20.11
Omed-Omedan (Foto: Kurniawan/hariankota)
DENPASAR - Setelah Nyepi atau hari Ngembak Geni,ratusan muda-mudi di Banjar Kaja, Desa Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, mengkuti tradisi omed-omedan.

Peserta omed-omedan setidaknya berusia 17-30 tahun dan belum menikah. Tradisi omed-omedan yang berarti tarik-menarik ini diwariskan sejak abad ke-17 dan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik serta mancanegara.

Sebelum acara omed-omedan dimulai, diadakan pementasan tarian barong bangkung. Saat itu para remaja Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti mulai melakukan persembahyangan bersama di pura. Warga Denpasar dan wisatawan tumpah ruah di Jalan Raya Sesetan saat tradisi setahun sekali ini dimulai.

Omed-omedan dimulai saat masing-masing di antara mereka diangkat dan kemudian dihadap-hadapkan. Tradisi tersebut semakin meriah saat para remaja saling bertabrakan kemudian disiram air.

Usai acara omed-omedan, beberapa peserta mengalami kerauhan atau kesurupan. Hal tersebut dipercaya sebagai kehadiran Ida Betara yang berstana atau hadir di Pura Balai Banjar. Peserta yang kerauhan kembali tenang setelah mendapatkan percikan tirta dari pemangku.(Made Sugandha/rahayu)
Bagikan :

Video: Sandiaga Uno Beri Sorban saat Bertemu Pendukung Jokowi

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners