Rekomendasi

Tahun Politik, Panglima TNI Ajak Aparat Soliditas dan Netral

Rabu, 21 Maret 2018 : 15.09
Published by Hariankota
Tahun Politik, Panglima TNI Ajak Aparat Soliditas & Netral (Foto: Danang Prabowo/hariankota)
YOGYAKARTA -  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta soliditas TNI dan Polri dalam menjaga keamanan serta keutuhan NKRI sangat penting, terutama jelang Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Aparat TNI dan Polri juga harus bersikap netral dalam Pilkada maupun Pemilu.

Menurut Panglima, soliditas TNI Polri sangat diperlukan untuk memberi rasa aman bagi masyarakat. Selain beri rasa aman, juga harus mampu menjamin Pilkada dan Pemilu berjalan lancar dan sukses.

"TNI siap bantu Polri dalam menciptakan suasana aman, nyaman dan damai," katanya usai acara makan malam bersama aparat TNI dan Polri DIY di Museum Monumen Pangeran Diponegoro 'Sasana Wiratama', Tegalrejo Yogyakarta.

Ia mengaku dalam kontestasi Pilkada maupun Pemilu, ada mantan prajurit TNI dan Polri yang maju mencalonkan diri. Meski demikian, aparat TNI Polri tidak boleh memberikan bantuan fasilitas maupun tenaga terkait pencalonannya.

"Anggota TNI Polri sudah tidak ada hubungan lagi, tapi bila koteksnya hubungan silaturahmi boleh terus. Ini merupakan komitmen TNI dan Polri untuk tetap netral," ujarnya.


Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Danang Prabowo/hariankota)

TNI dan Polri punya tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Meski demikian, tujuannya sama yaitu menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

"Untuk itu antara TNI dan Polri saling bersinergi serta bahu membahu menjaga keamanan. Acara makan malam ini sekaligus menunjukkan soliditas TNI dan Polri," katanya.

Acara makan malam dihadiri sekira 1000 aparat TNI dan Polri DIY serta Taruna. Panglima TNI menyempatkan membawakan dua lagu berjudul 'Cintaku' dari Chrisye dan lagu 'Galih dan Ratna' diiringi Grup Band Sinergi TNI Polri.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto, Danrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Muhammad Zamroni, Danlanal Yogyakarta Lantamal V Kolonel Laut (P) Arya Delano, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga.(dab/martin)
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More