Rekomendasi

Tingkatkan SDM Pustakawan, UIN Suka Jalin Kerjasama Dengan University di Jerman

Jumat, 23 Maret 2018 : 20.07
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Perpusatakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta melakukan perbaikan manejemen perpustakaan dan peningkatan kapasitas staf terutama terkait dengan konservasi manuskrip Islam Kuno. Untuk itu, pihak kampus putih ini menjalin kerjasama dengan Georg-August University Jerman,

''Mohon doanya, semoga semua bisa lancar, kami sedang membicarakan kerjasama itu," kata Dra Labibah Zain, MLIS, Kepala UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, kemarin.

Kebetulan, pihak kampus sedang membicarakan itu dengan wakil dari Georg-August University Jerman, Prof Fritz Sculze. Hal itu dilakukan belum lama ini.

Kerjasama ini, menurut Labibah, penting dilakukan mengingat keberadaan perpustakaan sangat diperlukan dalam sebuah perguruan tinggi. Apalagi, fungsi perpustakaan di universitas sangat penting dalam pengembangan keilmuan di kampus.

Peran pustakawan dalam mengelola aset dan fasilitas sangat membantu tujuan perpustakaan sebagai sumber informasi dan referensi bagi civitas akademika. Sehingga sistem pelayanan dan aksesibilitas seluruh pengguna perpustakaan bisa maksimal.

Dalam pertemuan yang sudah berlangsung, kedua institusi membahas rincian rencana kerjasama dalam hal perbaikan manajemen perpustakaan dan peningkatan kapasitas staf terutama terkait dengan konservasi manuskrip Islam kuno.

Prof Fritz Schulze menjelaskan, kedua intitusi akan merencanakan penyelenggaraan lokakarya di Indonesia untuk peningkatan kesadaran tentang signifikansi manuskrip Islam Jawa. Seminar tersebut direncanakan akan digelar di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Selain itu, pengiriman staf perpustakaan ke universitas Jerman untuk mempelajari teknik konservasi manuskrip dan manajemen perpustakaan.


"Ada peningkatan untuk personal branding bagi tenaga pustakawan dengan mempunyai kompetensi standar serta nilai tambah tersendiri,'' jelas Fritz.

Labibah mengatakan bahwa konservasi naskah kuno perlu mendapat perhatian serius.  Kerusakan manuskrip merupakan ancaman hilangnya sejarah Islam Nusantara.

Georg-August University dipandang sebagai mitra kerjasama yang tepat karena selain memiliki departemen kajian Islam, universitas yang ada di Jerman ini memiliki ahli dan teknologi di bidang konservasi dan rehabilitasi manuskrip kuno.

Labibah menambahkan, untuk menambah koleksi naskah kuno yang ada di UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, berencana melakukan katalogisasi atas manuskrip-manuskrip kuno yang ditulis oleh dan tentang Sunan Kalijaga. 

Naskah-naskah ini yang juga Presiden SLA (Special Library Association) Asian Chapter, diduga tersimpan di banyak institusi pesantren tradisional yang tersebar di Indonesia tanpa mendapatkan perawatan yang memadai.

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta merupakan bagian integral universitas dalam mewujudkan World Class University dalam Bidang Kajian Keislaman. Sehingga aksesibilitas ke sumber-sumber informasi dan layanan perpustakaan menjadi penting.(dab/gun)
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More