Rekomendasi

‘’Ujian Terbuka Kedua’’ untuk Subarkah

Selasa, 13 Maret 2018 : 22.16
Loading...
KUDUS – Buku “Sedulur Sikep Menggugat” karya Wakil Rektor IV Universitas Muria Kudus (UMK), Subarkah dibedah di Aula Kantor PCNU Kabupaten Kudus, Ahad (11/3/2018) lalu.

Bedah buku dibuka oleh Ketua PCNU Kabupaten Kudus, H. Abdul Hadi Nampak hadir pada kesempatan itu, Kompol M. Ridwan (Wakil Kepala Polres Kudus), Kapten Nur Ali (Komandan Koramil Kota, Kudus), guru dari berbagai sekolah, pelajar, mahasiswa, dan perwakilan dari berbagai organisasi kepemudaan.

Suparnyo Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) yang didaulat menjadi pemandu diskusi (moderator), mengatakan, buku karya Subarkah ini melalui proses yang sangat panjang, karena itu merupakan hasil disertasinya.

"Karya Dr. Subarkah ini sudah diuji di depan para profesor dan ilmuwan di Universitas Diponegoro (Undip) saat ujian terbuka Doktor. Jadi pada kesempatan ini, di depan bapak, ibu dan semua hadirin, ini adalah ujian terbuka kedua," candanya dalam bedah buku yang diinisiasi para jurnalis muda yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis NU Kudus dan Suara Nahdlyin.

Kisbiyanto yang didaulat menjadi pembedah, mengatakan, buku karya Subarkah ini menarik, karena menunjukkan fakta perjuangan Sedulur Sikep mempertahankan haknya sebagai warga negara.

"Penelitian yang dilakukan juga mendalam dan obyektif, mengkritisi penerapan Undang-undang di Indonesia. Kalau di era Orde Baru, buku ini bisa dibilang subversif, karena sifatnya mengkritisi, melawan negara," kata Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kudus itu.

Budi Santoso, tokoh Sedulur Sikep di Kabupaten Kudus, memberikan masukan-masukan baik dari segi konten (isi) maupun kover buku kepada penulis, dengan pemahamannya yang luas terhadap ajaran leluhurnya.

Sedang di awal, Subarkah menyampaikan penjelasan mengenai buku yang diangkat dari disertasinya itu. Sementara itu, apresiasi, kritik dan masukan-masukan juga muncul dari para peserta bedah buku yang hadir.

"Saya sampaikan apresiasi atau penghargaan setinggi-tingginya kepada Sahabat Saya, Dr. Subarkah atas karyanya ini, dengan harapan semoga mendapat ridlo Allah SWT. dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Ketua PCNU Kabupaten Kudus, H. Abdul Hadi M.Pd.

Kiriman Humas Universitas Muria Kudus (UMK)
(Rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners