Rekomendasi

Waduh! Dekati Deadline, DPT Pilgub Jateng Kabupaten Sukoharjo Masih Belum Kelar

Senin, 16 April 2018 : 22.30
Loading...
Waduh! Dekati Deadline, DPT Pilgub Jateng Kabupaten Sukoharjo Masih Belum Kelar (Foto:Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO – Hingga mendekati waktu pengumuman Daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Gubernur (Pilgub) Jateng, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo masih menyisakan 1.118 warga yang belum terverifikasi.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi pengawasan persiapan penetapan DPT Pilgub antara KPU, Panwaslu dan Disdukcapil, Senin (16/4/2018). Sesuai waktu yang ditentukan maka KPU wajib menyelesaikan hingga 19 April 2018 mendatang yakni selama dua hari tersisa.

“Tinggal dua hari dari sekarang, KPU berjanji menyelesaikan verifikasi sesuai target 1.118 nama pemilih yang belum terverifikasi. Selain itu juga masih ada 156 warga yang mendapatkan hak memilih namun belum tercatat database."ungkap Ketua Komisioner Panwaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto

Bambang menegaskan, jika DPT sampai batas waktu harus diumumkan juga belum beres maka, pihaknya akan membuat catatan khusus. Diketahui, dari data Daftar Pemilih Sementara (DPS) berjumlah 657.683, ada kesalahan teknis hingga hasil data pleno 658.453.

Ada 770 warga yang sebenarnya berhak masuk DPS tapi belum terdaftar sesuai bahan hasil coklit. Belum lagi sebut Bambang, ada kesalahan temuan pemilih ganda, kurang lengkap data dan sebagainya. Juga temuan ada 18.724 pemilih ganda dan ribuan nama salah ketik.

Meski demikian, Panwaslu juga mengapresiasi kinerja KPU yang telah bekerja keras, berkomitmen menyelesaikan verifikasi data dari DPS yang tidak sesuai dengan data coklit (pencocokan dan penelitian). Komitmen agar DPT diumumkan tepat waktu membuat KPU harus bekerja lembur menyelesaikan agar jangan sampai terjadi penundaan.

Sementara, Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Pemutakhiran Data dan Pendaftaran Pemilih, Mulat Bayu Aji mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan verifikasi dengan menggerakkan seluruh kekuatan yang ada.

“Kami optimis sisa data yang belum diverifikasi akan selesai dan besuk (Selasa-Red) DPT sudah bisa diumumkan. Hanya saja untuk 156 nama yang masuk daftar AC (form data pemilih) jika sebelum pengumuman DPT tidak ketemu untuk dilakukan verifikasi maka akan dihapus dan tidak masuk DPT,” terangnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo, Sriwati Anita, dalam rapat koordinasi tersebut mengatakan, pihaknya sudah menjalankan tanggung jawab sesuai tupoksi sebagai penyaji data dan dia menjamin data yang disampaikan akurat.

“Kecuali memang tidak melakukan rekam data, maka warga tersebut tidak akan mendapatkan haknya dalam pemilu.”tandasnya.(Sapto Nugroho/martin)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners