Rekomendasi

Gunung Merapi Menggeliat, Asap Putih Terpantau Membumbung Tinggi

Jumat, 11 Mei 2018 : 09.51
Published by Hariankota
MAGELANG - Gunung Merapi kembali menunjukan aktifitasnya. Letusan Freatik gunung teraktif di pulau Jawa ini terpantau membumbung tinggi ke udara.

Berdasarkan pesan elektronik BPBD Magelang yang diterima hariankota.com, letusan freatik Gunung Merpati terpantau jelas sekira pukul 7.40 WIB dengan tinggi kolom asap 5500m dari puncak menyebabkan hujan abu di wilayah selatan tenggara. Letusan freatik inipun membuat Gunung Merapi status level satu atau Merapi aktif normal.

Meski begitu, pihak BPBD Magelang meminta masyarakat untuk tetap tenang dan menjauhi radius 5 KM dari puncak Merapi.

Masih dalam rilis elektronik BPBD Magelang disebutkan Erupsi freatik adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi karena pengaruh uap yang disebabkan sentuhan air dengan magma baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Erupsi Freatik terjadi ketika adanya air tanah, air laut, air danau kawah, atau air hujan yang menyentuh magma di dalam bumi, panas dari magma akan membuat air tersebut menjadi uap.

Dan ketika tekanan uap sudah sangat tinggi dan tidak bisa dibendung, maka akan terjadi letusan yang disebut Erupsi Freatik. Letusan dari Erupsi Freatik mengeluarkan material padat yang terlempar akibat tekanan dari uap tadi.

Sementara itu Assisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra, Pemkab Klaten, Ronny Roekmito mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan pemantauan aktifitas Gunung Merapi.

Menurut Ronny, meski Gunung Merapi terpantau aktif, pihaknya meminta pada masyarakat, terutama yang tinggal di lereng Gunung Merapi untuk tidak panik.

"Kami bersama BPBD setiap saat siap bergerak serta setiap saat akan memberikan informasi pada masyarakat.  Dan saat ini,teman-teman telah bergerak ke TKP (Gunung Merapi) untuk memantau langsung. Mudah-mudahan ini hanya riak-riak kecil dari Gunung Merapi,"jelas Ronny,Jumat (11/5/2018).

Selain itu,ungkap Ronny, yang harus di waspadai yaitu beredarnya kabar hoax. Untuk itu, Ronny meminta warga untuk tidak begitu saja percaya dengan kabar beredar yang bukan berasal dari lembaga resmi.
Reporter: Prabowo
Editor: Irawan
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners