Rekomendasi

Pasca Bom Guncang Surabaya, Moeldoko: Pemerintah Perketat WNI yang Pulang dari Suriah

Senin, 14 Mei 2018 : 20.54
Published by Hariankota
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko
JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meninjau tempat kejadian dan mendatangi Polda Jawa Timur. Saat meninjau langsung kedua lokasi, mantan Panglima TNI ini menegaskan, dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri sejumlah pimpinan kepolisian, TNI, dan menteri ada beberapa poin yang diambil,

"Salah satu isi rapat tersebut adalah agar semua lembaga termasuk imigrasi dan unsur lain bisa lebih waspada terhadap WNI yang telah pulang dari sejumlah negara rawan konflik, termasuk Suriah. Misalnya begitu pulang (dari Suriah) nama-nama yang sudah terdeteksi itu segera diinformasikan kepada seluruh aparat, bahkan kepada masyarakat, sehingga semuanya menjadi lebih waspada, seperti itu," ujar Moeldoko,di Surabaya,Senin (14/5/2018).

Menurut Moeldoko, ini diambil karena ditakutkan WNI yang baru pulang dari daerah konflik, termasuk Suriah, termakan doktrin terorisme yang kemudian melakukan teror di Indonesia. A[alagi, satu keluarga yang melakukan pengeboman tiga gereja di Surabaya disebut juga pernah berangkat ke Suriah.

Moeldoko tidak ingin pemerintah dianggap kecolongan atas kejadian pengeboman di sejumlah daerah, terutama di Surabaya. Sebab, aparat keamanan sudah melakukan upaya pencegahan sesuai dengan prosedur.

Namun, memang pemikiran para oknum teror ini pun berkembang sehingga modus yang dijalankan agak sulit terdeteksi. Sehingga, seolah-olah aparat tidak melakukan langkah antisipasi, padahal hal tersebut sudah dijalankan.

Perubahan modus bisa dilihat dari beberapa aksi yang dilakukan, seperti para oknum kejahatan mendatangi suatu tempat secara terbuka dan langsung meledakkan diri. Hal ini yang membuat aparat keamanan sedikit kerepotan karena bom bunuh diri lebih sulit ditangani. Salah satunya yang baru terjadi di kantor Polres Surabaya, ketika dua kendaraan bermotor tiba-tiba merangsek masuk. Saat dicegat oleh penjaga, mereka langsung meledakkan diri.


Reporter: Mariska
Editor: Irawan
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More