Rekomendasi

Pilgub Jateng, KPU Jamin Warga Perantau Tak Kehilangan Hak Pilih

Selasa, 15 Mei 2018 : 04.30
SUKOHARJO - Komisi Penyelanggara Pemilu (KPU) Sukoharjo menjamin bagi warga di perantauan yang akan pulang kampung menggunakan hak pilihnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 27 Juni 2018 mendatang.

"Asalkan memenuhi syarat telah berumur 17 tahun, atau pernah nikah dan berdomisili di desa tersebut, maka penggunaan hak pilih bisa dilakukan satu jam sebelum batas akhir penutupan pencoblosan pada pukul 13.00 WIB."terang Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto saat gelar sosialisasi di Balai Desa Juron, Kecamatan Nuter, Senin (14/5/2018)

Sebelum mencoblos, lanjut Kuswanto, calon pemilih terlebih dahulu mendaftarkan diri ke Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di desa setempat.

“Warga perantauan yang masih tercatat berdomisili sesuai e-KTP tidak perlu khawatir menggunakan hak pilih walau tidak terdaftar di daftar pemilih. Silahkan datang ke TPS dan daftarkan diri sembari membawa e-KTP,” tandasnya.

Namun, lanjut Kuswanto, apabila perantau tersebut tinggal di Juron tetapi tidak berdomisili atau tidak memiliki e-KTP Desa Juron maka tidak bisa nyoblos. Calon pemilih belum terdaftar hanya bisa menggunakan pilih di daerah domisili.

Kuswanto meminta kepada warga agar solid dan menjaga lingkungannya. Artinya, pilihan calon menjadi hak asasi pemilih yang tidak diketahui oleh orang lain.

“Apabila nanti (sebelum pencoblosan) didatangi seseorang dan menawarkan uang atau barang untuk memilih pasangan calon pemberi, itu nanti resikonya terserah "panjengan" (calon pemilih). Nanti menjadi ranah panitia pengawas pemilu,” jelasnya.

Di tegaskan Kuswanto, pemberi dan penerima akan mendapatkan sanksi sesuai regulasi. Ia mengingatkan, pemilih tak boleh terintimidasi. Jika mendapat Intimidasi, warga diminta melapor.

Dalam sosialisasi hasil kerja sama dengan DPD KNPI Sukoharjo tersebut, warga Desa Juron juga mendapat layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Termasuk cek kesehatan bagi ibu - ibu yang sedang hamil.

Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Martin

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners