Rekomendasi

Ayam Potong Langka, Ratusan Pedagang Soloraya Gelar Aksi Demo

Minggu, 10 Juni 2018 : 18.24
BOYOLALI – Ratusan pedagang ayam potong Soloraya menggelar aksi demo memprotes kelangkaan pasokan daging ayam potong dari kandang yang akan dijual ke  pasaran. Mereka menduga pemicunya adalah permainan para kartel di komoditi tersebut.

Mereka memprotes akibat kelangkaan pasokan ayam dari kandang menyebabkan harga jual di pasaran melambung  tinggi. Hal ini dirasakan sudah berlangsung sejak dua bulan terakhir.

Aksi digelar dengan membawa serta mobil bak terbuka yang biasa digunakan memasok ayam ke pemotong ayam sebelum dijual ke pengecer di pasar - pasar. Mereka  berkumpul di area parkir Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali.

“Kenaikan harga ini sudah tidak wajar. Naik turun harga bagi kami sudah biasa sepanjang masih bisa ditoleransi. Tapi ini sudah luar biasa. Dalam dua bulan terakhir, harganya terus naik,”  terang salah satu pedagang, Hari.

Akibatnya, lanjut Hari, dampak langkanya pasokan menimbulkan melambunngnya harga, dan itupun dengan catatan jika ada barangnya (ayam).

Hari memaparkan, harga ayam potong dari kandang saat ini mencapai Rp22.500/kg. Padahal pada hari normal harga ayam potong dari kandang sekira Rp16.000 /kg - Rp18.000/kg

“Ini sama dengan lebaran tahun lalu dimana harga ayam potong dari kandang Rp22.500/kg. Namun, kalau sekarang masih jauh dari hari raya lebaran tapi harga belinya sudah tinggi. Lantas kami mau jual berapa ke pemotong,” ujarnya

Tudingan adanya permainan kartel mereka sebutkan dengan tujuan agar harga tetap tinggi. Caranya dengan mengurangi pasokan. Dan mereka menyakini hal ini terjadi bukan karena momen hari Raya Idul Fitri saja.

"Ini pasti akan terus berlanjut untuk seterusnya harga ayam potong tetap tinggi," katanya

Disinggung alasan aksi tidak digelar di kantor instansi pemerintah terkait, Hari mengatakan, karena saat ini sudah memasuki cuti lebaran jadi diputuskan aksi dilakukan dengan berkumpul di Asrama Haji Donohudan.

"Kami berharap dengan aksi ini, pemerintah segera mengambil langkah untuk mengatasi kelangkaan ayam potong. Mahalnya daging ayam bukan karena dari pedagangnya namun disebabkan karena berkurangnya pasokan," imbuhnya.

Usai melakukan orasi saling bergantian, aksi diakhiri dengan melakukan konvoi menggunakan mobil bak terbuka yang biasa digunakan mengangkut ayam menuju kawasan stadion Manahan Solo.


Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners