Rekomendasi

KPU Bakar Ratusan Surat Suara Rusak Pilgub Jateng

Senin, 25 Juni 2018 : 17.55
Published by Hariankota
KPU Bakar Ratusan Surat Suara Rusak Pilgub Jateng (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Menjelang hari pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo memusnahkan sebanyak 474 lembar surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng yang ditemukan rusak saat dilakukan penyortiran dan surat suara sisa tak terdistribusikan.

Disaksikan jajaran Panwaslu Kabupaten Sukoharjo serta pihak kepolisian dari Polres Sukoharjo. Usai penandatanganan berita acara pemusnahan, surat suara rusak dan surat suara sisa tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Kantor KPU Sukoharjo, Senin (25/6/2018) sore

Komisioner KPU Kabupaten Sukoharjo, Bidang Logistik, Keuangan dan Personil, Nuril Huda menyampaikan, pemusnahan surat suara dilakukan setelah pihaknya melakukan proses sortir surat suara yang diterima dari KPU Provinsi Jateng.

 "Pemusnahan surat suara ini merupakan bentuk dari transparansi penyelenggara Pemilu, dan selain itu untuk menjaga agar tidak di salahgunakan. Sesuai peraturan, pemusnahan diberi batas waktu maksimal sampai tanggal 26 (besuk)," katanya.

Nuril menjelaskan, kategori surat suara yang rusak adalah terdapat goresan, titik maupun sobekan pada surat suara, dan atas temuan ini, maka harus dipisahkan. Selain itu untuk kelebihan surat suara yang tak terpakai atau tak terdistribusikan, KPU juga harus memusnahkan karena bisa saja termasuk indikasi ke pasangan calon tertentu.

"Untuk KPU Kabupaten Sukoharjo dalam Pilgub Jateng ini menerima kiriman surat suara sebanyak 670.228. Dari jumlah itu, yang terdistribusikan 669.754. Sisanya sebanyak 474 surat suara dengan rincian, 228 rusak dan yang tak terdistribusikan namun dalam kondisi baik jumlahnya 236 lembar surat suara,"terangnya

Dari jumlah surat suara tersebut, peruntukannya sesuai DPT Kabupaten Sukoharjo sebanyak 652. 791 orang ditambah 2,5 persen dan surat suara persiapan Pemilihan Suara Ulang (PSU). Sedang rincian DPT adalah, laki - laki 323.442,  perempuan 329.349, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara ( TPS) sebanyak 1.353 lokasi, tersebar di 12 Kecamatan.

Hingga saat ini, KPU Sukoharjo tengah merampungkan jadwal pendistribusian logistik ke seluruh Kecamatan dan Desa / Kelurahan atau Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sesuai jadwal, proses distribusi ke PPS akan dilakukan tanggal 25-26 Juni 2018, dengan pengawalan aparat kepolisian bersama staf KPU.


Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Martin
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More