Rekomendasi

Tahukah Anda, Terlalu Lama di Jalan Tol Uang Elektronik Bisa Hangus?

Selasa, 12 Juni 2018 : 14.21
Loading...
JAKARTA - Tahukah anda terlalu lama berada di jalan tol membuat uang elektronik jadi tak terbaca sistem reader atau 'hangus' saat melakukan pembayaran di Gerbang Tol (GT).

Bagi anda yang hendak mudik dan  memanfaatkan jalan bebas hambatan ini,  simak terlebih dahulu penjelasan di  bawah ini.

Agar uang elektroniknya sebagai alat pembayaran tak hangus karena lamannya durasi  anda berada di jalan tol.


General Manager (GM) Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Reza Febriano menjelaskan aturan ini merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pengoperasian transaksi elektronik.

Aturan ini sejatinya sudah mulai berlaku seiring dengan penerapan dari uang elektronik di jalan tol.

"Jadi kalau transaksi itu kan ada awal, kita tap di gerbang masuk, kemudian tap lagi di gerbang keluar. Itu ada jangka waktu limitnya, misalnya di Purbalenyi maksimal tidak boleh lebih dari empat jam," kata Reza pada wartawan, di Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Reza mengatakan, bila durasi berada di dalam tol lebih lama dari yang ditentukan, maka kartu uang elektronik tidak akan terbaca oleh sistem. Sehingga, pembayaran atau transaksi di gerbang tol dilakukan secara manual.

"Jadi kalau lebih, ya kita transaksinya secara manual. Tapi nggak ada pemotongan saldo apapun, nggak ada denda dan sanksi tidak ada, jadi cuma bayar secara manual saja dengan petugas," katanya.

"Jadi memang istirahat di rest area agar secukupnya tidak berlama-lama karena harus berbagi dengan pengguna lain yang ingin memanfaatkan," katanya.


Reporter: Nuraini
Editor : Rahayu

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners