Rekomendasi

Dua Hari di Bali, Api Obor Asean Games Menginap di Istana Tampak Siring

Minggu, 15 Juli 2018 : 14.41
Published by Hariankota
Ilustrasi
DENPASAR - Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan akbar pesta olah raga dunia 4 tahun sekali, Asian Games yang di buka resmi pada 18 Agustus 2018 mendatang di Gelora Bung Karno Jakarta. Perhelatan Asean Games itu diikuti atlet- atlet dari negara di kawasan Asia.

Dalam event tersebut akan dinyalakan obor api Asian Games. Dimana apinya diambil dari India dan disatukan dengan api dari Mrapen, Jawa Tengah.

Ketua Delegasi Obor Api Asian Games, Celerina Judisari mengatakan obor api tersebut membawa pesan persatuan, karena obor tapi juga bisa mempersatukan masyarakat Indonesia.

Karena perayaan Asian Games bukan hanya ada di Jakarta dan Palembang namun di seluruh Indonesia. Termasuk juga ada perayaan di India ketika pengambilan obor api disana.

"Filosofi obor itu sendiri diambil dari senjata tradisional DKI Jakarta dan juga Palembang," jelasnya kepada media di Pangkalan Udara Militer Halim Perdanakusuma, Sabtu (14/7/2018) kemarin.

Sementara itu, Sektetaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Agung Partama, Obor Asian Games akan dibawa dari India lalu disatukan dengan api Mrapen di Prambanan.

Api obor Asian Games (Torch Relay) ini selanjutnya diarak ke seluruh Indonesia. Kota Bali juga berkesempatan menjadi lokasi kedatangan api Obor Asian Games.

Kedatangan api obor dari Banyuwangi, nantinya diterima oleh Bupati Jembrana tanggal 23 Juli pukul 08.00 WITA, selanjutnga diarak menuju Gelung Kori Gilimanuk dan menuju Pantai Kuta.

"Bali sendiri menerima kedatangan api obor pada 23 - 24 Juli dan disemayamkan di Bali selama dua hari," jelasnya saat acara Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja beberapa waktu lalu.

Saat di pantai Kuta, akan ada festival, remcananya artis Hamish Daud akan membawa obor dengan berselancar didampingi oleh peselancar Oka Sulaksana.

Acara berlangsung pukul 12.00 - 15.00 Wita. Setelahnya akan dibawa ke Tanah Lot disambut dengan Tari Rejang Sekar Sandat, berlanjut ke Istana Tampaksiring. "Obor menginap semalam di Istana Tampaksiring," tuturnya.

Semalam berada di Istana Tampak Siring, Obor Api Asian Games dibawa ke Subak Sembung Jalan Ahmad Yani, Denpasar dan menuju titik 0 Km Kota Denpasar dan menuju Musium Bajra Sandhi. Dan petang harinya sekira pukul 17.00 WITA dibawa ke GWK.

"Api Obor Asian Games ini dibawa kelililing kota Bali sekaligus mempromosikan pariwisata," tutupnya.


Reporter: Made Sugandha
Editor: Dwi Indah
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More