Rekomendasi

Erupsi Lagi, PVMBG Himbau Masyarakat Jauhi Zona Perkiraan Bahaya

Jumat, 27 Juli 2018 : 17.11
KARANGASEM - Erupsi Gunung Agung kembali terjadi pada Jumat (27/7/2018) sekira pukul 14.06 WITA. Semburan abu terpantau lebih tinggi dibandingkan letusan sebelumnya dengan tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut. Sampai saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III atau Siaga.

Data dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM pengamatan visual menunjukkan kolom abu terlihat berwarna abu-abu bercampur warna putih menuju ke arah barat. Letusan gunung Agung, terlihat dalam rekaman seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 1 menit 32 detik.

Seperti saat erupsi sebelumnya, PVMBG tetap meminta pada masyarakat, pendaki juga wisatawan agar tetap berada di radius aman yang sudah ditentukan. Mereka dilarang beraktifitas dalam radius 4 kilometer. Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Masyarakat yang tinggal di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung tetap harus waspada terhadap potensi tingginya aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

PVMBG juva menekankan Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling terbaru.

Kontributor : Genta
Editor : Genta
Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners