Rekomendasi

Gunung Agung Erupsi, Lontaran Abu Setinggi 1500 Meter

Minggu, 15 Juli 2018 : 13.03
Published by Hariankota
BALI - Gunung Agung mengalami erupsi kembali pada Minggu (15/7/2018) sekira pukul 09.05 WITA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung dalam Volcanic Eruption Notice mencatat tinggi kolom abu mencapai sekitar 1.500 m di atas puncak.

Kolom abu berwarna kelabu itu mengarah ke wilayah tenggara dan barat. Catatan rekaman seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 1 menit 45 detik.

Hasil laporan petugas KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Anwar Sidiq menyatakan, Gunung Agung juga erupsi pada pukul 04.52 WITA. Dalam erupsi tersebut, asap kawah tidak teramati, hanya terlihat ada sinar api diatas puncak.

Terjadi aktifitas kegempaan berupa Secara letusan 1 kali, hembusan terjadi 3 kali, vulkanik dangkal 4 kali, vulkanik dalam terjadi 1 kali, dan gempa Tektonik Jauh terjadi 1 kali. "Kondisi gunung Agung saat ini masih berada di level III (siaga)," jelasnya.

Untuk itu PVMBG merekomendasikan masyarakat maupun wisatawan dilarang beraktivitas di radius 4 km dari Gunung Agung (zona prakiraan bahaya).

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di gunung mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang terjadi pada saat musim hujan.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.


Reporter: Made Sugandha
Editor: Gunadi
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More