Rekomendasi

Jelang Pileg 2019, Bacaleg Ramai-Ramai Cek Kesehatan

Senin, 09 Juli 2018 : 19.20
KARANGANYAR - Bakal calon anggota DPRD yang akan bertarung dalam pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang, ramai-ramai mendatangi Rumash Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar. Para calon aggota legislator ini akan melakukan cek kesehatan sebagai salah satu persyaratan pencalonan menjadi anggota legislatif.

Pantauan hariankota.com di RSUD Karanganyar, selain bacaleg baru, terlihat anggota leguslatif incumben juga terlihat mengikuti pemeriksaan kesehatan, seperti Joko Paramono, anggota DPRD Karanganyar yang berasal dari PDIP.

“Semua calon anggota legislatif, baik yang baru dan saat ini menjadi anggota, wajib mengikuti cek kesehatan sebagai persyaratan pencalonan pada pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang,” kata Joko Pramono, Senin (09/07/2017).

Sementara itu, bacaleg lain, Suprapto Koting mengatakan, tes dimulai dari kejiwaan, narkotika hingga kesehatan. Dan hasilnya baru bisa diketahui beberapa hari kemudian. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan ini, selain sebagai persyaratan, juga bertujuan, agar seluruh bacaleg yang menjalani tes harus dalam kondisi sehat phisik,maupun mental, serta bersih dari penggunaan obat terlarang.

“Karena ini persyaratan, kami mengikuti seluruh proses yang ada. Untuk tes kesehatan adalah bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi Bacaleg. Setelah melakukan tes kesehatan Bacaleg mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani, Surat itu menjelaskan kewarasan seseorang sebagai syarat dalam mendaftar sebagai Caleg untuk Pemilu 2019,” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan surat tersebut butuh waktu karena ada proses yang dilalui. Selain prosesnya yang cukup lama, penerbitan selembar kertas keterangan kesehatan tersebut  biayanya sekitar Rp 1.285.000.

“Prosesnya cukup lama juga, proses yang harus dilalui Bacaleg antara lain mengisi pendaftaran, ujian tertulis, medical chek up serta beberapa tes lainnya,” pungkasnya.


Kontributor : Iwan Iswanda
Editor : Ferizka Dini
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners