Rekomendasi

Kembali Erupsi, Masyarakat Dihimbau Tidak Masuk Zona Prakiraan Bahaya

Selasa, 24 Juli 2018 : 15.21
DENPASAR- Gunung Agung,hari ini Selasa (24/7/2018) siang kembali mengalami erepsi.Bahkan sepanjang siang ini erupsi sudah terjadi dua kali.Erupsi pertama terjadi pada pukul 12.52 WITA. Tinggi kolom abu berwarna putih abu-abu teramati 1.500 meter di atas puncak atau sekira 4.642 meter di atas permukaan laut mengarah ketimur dan tenggara.
Aktifitasnya terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 3 menit 26 detik.

Erupsu kedua terjadi pada pukul 13.36 WITA  dengan tinggi kolom abu teramati 700 meter di atas puncak atau 3.842 meter di atas permukaan laut. Dalam letusan kedua kolom abu dengan intensitas sedang menuju ke arah timur dan tenggara yang terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 2 menit 13 detik.

Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana sampaikan kondisi terkini  Gunung Agung sampai hari ini aktivitasnya masih belum stabil dan berpotensi untuk erupsi.

"Aktivitasnya masih fluktuatif. Dan sejauh ini belum menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Namun  PVMBG masih menetapkan zona perkiraan bahaya ada di dalam radius 4 km. Sampai saat ini, status Gunung Agung masih berada di level III," jelasnya.

Pihaknya tetap meminta pada masyarakat  sekitar Gunung Agung dan pendaki, juga wisatawan agar tidak berada di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Sedangkan Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.

Waspadai jika  sedang beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Kontributor : Wayan
Editor : Ferizka
Bagikan :

Video: Sandiaga Uno Beri Sorban saat Bertemu Pendukung Jokowi

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners