Rekomendasi

Menginap Sehari di Yogyakarta, Wapres Jusuf Kalla Sambut Kedatangan Api Obor Asean Games

Selasa, 17 Juli 2018 : 22.49
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Kirab obor (torch relay) Asean Games Asian siap dimulai setelah api yang diambil dari India tiba di Lanud TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa (17/7/2018).

Api obor dari India itu dibawa pebulutangkis peraih medali emas bulutangkis Olimpiade 1992, Susy Susanti. Kedatangan Susy disambut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowono X, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna, dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir.

Api tersebut kemudian akan diinapkan di Museum Dirgantara pada Selasa malam. Keesokan harinya, tepatnya Rabu (18/7/2018), api obor tersebut dibawa ke Candi Prambanan. Di sana, api tersebut digabungkan dengan api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Menurut informasi dari Panitia Pelaksana Asian Games 2018, INASGOC, setelah dari Prambanan, api akan dibawa ke Pagelaran Keraton Yogyakarta. Api itu diinapkan semalam.

Berikut rute api obor Asean Games di Yogyakarta:

1. Hari pertama, Selasa tanggal 17 juli 2018 pukul 08.00 Wib Api Abadi dari India mendarat di Bandara Adisutjipto di Disops Lanud  penyambutan Forkompinda, panitia Inasgoc dengan tarian pemda Sleman. Dibawa ke Musium Dirgantara akan diramaikan hiburan dari Lanud.

2. Hari kedua, Rabu tanggal 18 juli 2018 pukul 14.00 Wib Api Abadi dari India akan dibawa ke Candi Boko. Kemudian pukul 17.00 Wib Api Abadi di bawa ke candi prambanan untuk dipertemukan dengan Api Abadi Mrapen Jateng.

Rencana, Wakil Presiden Yusuf Kalla akan menyambut api obor Asean Games. Orang nomer dua di Indonesia ini diperkirakan sekira pukul 14.00 - 15.00 Wib. RI 2 beserta rombongan mendarat di Disops Lanud Adi Sucipto.

Kemudian sekira pukul 17. 00 Wib RI 2 beserta rombongan menuju ke Candi Prambanan untuk acara penyatuan api abadi, dilanjutkan acara di candi Prambanan.

Selanjutnya api obor Asean Games ini di bawa ke musium dirgantara untuk diinapkan.

Pada hari ketiga, Kamis tanggal 19 juli 2018 sekira pukul 06.00 Wib, api asean games dibawa ke tugu jogja dibawa dengan mobil kemudian untuk diarak dengan lari sepanjang 10 km. Mulai Pkl. 07.00 WIB.

Sedangkan rute Api obor Asean Games ini adalah Tugu jogja - Mangkubumi - kliring - Malioborob - titik nol - perempatan gondomanan - pojok - beteng wetan - pojok -beteng - kulo - ngabean - titik nol - alun-alun jogja.

Kemudian setelah dari alun-alun, api obor Asean Games ini dibawa ke perbatasan  Yogyakarta - Jawa Tengah.


Reporter: Prabowo
Editor: Dwi Indah
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More