Rekomendasi

Menkes Moeloek: RSO Dr Soeharso Layak Jadi Rujukan Orthopedi di Asean

Minggu, 15 Juli 2018 : 06.53
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Menteri Kesehatan ( Menkes) RI, Nila Djuwita F. Moeloek menilai potensi yang ada di Rumah Sakit Orthopedi (RSO) Dr Soeharso yang berada di Jalan Ahmad Yani, Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, dengan segala sarananya, layak menjadi rujukan orthopedi tingkat Asean.

"Layak sekali jadi rujukan bagi negara negara di asean. RSO ini punya sarana lengkap mulai dari infrastruktur, jenis layanan spesialis lengkap hingga fasilitasnya," katanya usai melihat infrastruktur berikut sarana yang dimiliki saat meresmikan gedung layanan terpadu di rumah sakit tersebut, Sabtu (14/7/2018).

Menkes pun mengungkapkan rasa bangganya karena Negara Malaysia juga belajar membuat sepatu Orthopedi di RSO Dr Soeharso ini. Kepada jajaran manajemen diminta untuk mempertahankan dan meningkatkan lagi dengan membuat terobosan baru di bidang Orthopedi.

Sejumlah ruangan seperti ruang anak, alat penanganan stroke dan fasilitas lain tak luput dari perhatian Menkes dalam meninjau fasilitas yanga ada. Salah satunya adalah ruang layanan untuk anak, selain dilengkapi alat lengkap dan terbaru, dekorasinya berupa gambar tokoh kartun, khas dunia anak. Tidak terkesan kaku.

Sesuai dengan namanya,RSO Dr Soeharso juga menjadi Pusat Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (PRSBD) dimana tugas maupun fungsinya, untuk training bagi tenaga Kader Rehabilitasi, baik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Sosial Republik Indonesia bekerjasama dengan UNDP/ILO dan tingkat internasional, yaitu, training on rehabilitation for the physically handicaped person's, program TCDC (Technical Cooperation Among Development Countries).

"Saat ini RSO Dr Soharso sudah menjadi badan layanan umum (BLU) yang artinya bisa mengelola keuangan sendiri. Maka, harus lebih mandiri dan maju. Dari 33 rumah sakit vertikal (pusat) sudah 32 yang menjadi BLU. Ini tujuannya untuk lebih memaksimalkan layanan," tandas Menkes.

Sementara, Direktur RSO Dr Soehaeso, Pamuji Utomo yang diwakili Direktur Pelayanan Medik dan Perawatan, Romaniyanto, menambahkan, saat ini layanan terhadap pasien semakin prima. Ada penambahan tenaga medis profesional sehingga layanan buka setiap hari.

"Seperti layanan bedah tangan mikro, adult reconstruction, orthopedi anak, orthopedi tumor, arthroscopy hingga stroke. Poli kami sekarang buka layanan setiap hari, mampu melayani 400-500 pasien dengan berbagai kasus," pungkasnya.


Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More