Rekomendasi

Momentum Peringati International Tiger Day Bali Zoo Kenalkan Tiga Bayi Harimau Sumatra

Sabtu, 28 Juli 2018 : 19.42
Published by Hariankota
DENPASAR - Moment peringatan hari "International Tiger Day", yang jatuh setiap tanggal 29 Juli, Bali Zoo kenalkan tiga anak harimau Sumatra (Phantera Tigris Sumatrae) yang lahir pada 3 Mei 2018.

Tiga bayi harimau Sumatra itu hasil perkawinan induk hariamau Sumatra berina bernama Sean (5) tahun dan harimau jantan bernama Pandeka (3,5) tahun.

Saat ini, menurut Head of Public Relations Bali Zoo, Emma Kristiana Chandra tiga bayi harimau Sumatra sudah berumur sekitar 2 bulan ini mulai diajarkan naluri untuk berburu sesuai dengan habitatnya yang didesain khusus di Bali Zoo.

"Tujuannya agar tetap berprilaku sesuai dengan habitat aslinya dan sangat bermanfaat untuk menstimulasi dan mengasah indra penciuman (insting berburu) harimau," jelas Emma, Sabtu (28/7/2018).

Sebelumnya tiga bayi harimau Sumatra yang lahir secara normal dan telah dipasangi microchip oleh Tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali beserta Tim Konservasi Wilayah II Gianyar. Nama ketiganya juga unik.

"Tiga anakan harimau Sumatra ini terdiri dari 2 harimau jantan dan satu betina. Masing -masing bernama Tigor, Togar, dan Zora," lanjutnya.

Sebelum diajarkan berburu (mengenal jenis makanan), sejak lahir baru mengkonsumsi air susu induknya. Dan baru saat ini dikenalkan makan baru (daging). Perawatannya juga sangat khusus karena termasuk binatang langka dan di lindungi karena populasinya mulai berkurang.

"Harimau ini kita dapatkan dari Lembaga Konservasi Bukittinggi pada Desember 2017 lalu. Sudah ada di sini (Bali Zoo) sudah setahun," tuturnya.

Dengan suksesnya kelahiran tiga harimau Sumatra ini menunjukkan Bali Zoo melalui peringatan Global Tiger day ini, berharap masyarakat bisa maki perduli untuk upaya konservasi harimau khususnya Harimau Sumatera yang mulai terancam kepunahan.

Reporter: Made Sugandha
Editor: Gunadi
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners