Rekomendasi

Ngadinah Truno Dikromo, Calon Haji Tertua dari Sukoharjo

Rabu, 18 Juli 2018 : 21.00
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Dari sebanyak 772 jamaah calon haji Tahun 1439 H / 2018 Kabupaten Sukoharjo kali ini, Ngadinah Truno Dikromo warga Kecamatan Grogol tercatat merupakan jamaah calon haji tertua yang akan berangkat ke tanah suci dengan usia 83 tahun, lebih 7 bulan.

Catatan itu diketahui berdasarkan keterangan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Iksan Muhadi usai acara pamitan haji bersama Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya di Pendopo Graha Satya Praja komplek Setda Sukoharjo, Rabu (18/7/2018).

"Sedangkan untuk calon haji termuda atas nama Annisa Khusnul Khotimah, usia 27 tahun 9  bulan, dari Kecamatan Polokarto," ungkap Iksan.

Sesuai jadwal dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo tahun ini,  jamaah calon haji asal Kota Makmur terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter) yakni, kloter 45, 46 dan 47.

"Untuk kloter 45 digabung dengan jamaah dari Kabupaten Klaten, dan setelah masuk karantina di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, akan berangkat dari Embarkasi Solo pada tanggal 29 Juli," terangnya.

Sedangkan kloter 46 dan 47 akan diterbangkan pada tanggal 30 Juli. Khusus kloter 46, menurut Iksan, seluruhnya merupakan jamaah calon haji dari Sukoharjo dan dijadwalkan berangkat pada pukul 03.00 dinihari.

"Sementara untuk kloter 47 yang berjumlah 281 jamaah, Insya Allah akan digabung dengan jamaah calon haji dari Kabupaten Sragen," jelasnya

Secara umum, Iksan mengatakan kondisi para jamaah calon haji dalam kondisi sehat. Dia berharap hingga keberangkatan nanti para jamaah calon haji tetap menjaga kesehatannya dengan mengurangi aktivitas yang tak bermanfaat.

Dalam acara pamitan haji ini, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya menyerahkan bantuan berupa jaket identitas jamaah calon haji berwarna merah, yang secara simbolis langsung dikenakan kepada perwakilan jamaah tertua dan termuda.

Selain bantuan jaket, Pemkab Sukoharjo juga memberikan bantuan lauk pauk untuk bekal para jamaah calon haji, diantaranya berupa, sambel pecel, serundeng, dan abon. Namun, mengingat keterbatasan kuota barang bawaan, maka bekal lauk pauk hanya diberikan secukupnya.

"Saya berharap, semua menjadi haji yang mabrur, berangkat selamat pulang selamat," pungkas Bupati.

Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More