Rekomendasi

Pasca Gempa, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup, Evakuasi Pendaki Terus Berlangsung

Senin, 30 Juli 2018 : 08.09
Published by Hariankota
LOMBOK - Pasca gempa bumi yang terjadi di Lombok, Minggu (29/7/2018) kemarin, sempat mengakibatkan longsor jalur pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani.

Untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa, Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Direktorat Jendral Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem Balai Taman Nasional Gunung Rinjani secara resmi ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Sudijo sampaikan pengumuman penutupan semantara jalur pendakian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

"Akibat gempa terjadi longsor di Taman Nasional Gunung Rinjani. Karena itu seluruh jalur pendakian dinyatakn ditutup untuk umum terhitung mulai tanggal 29 Juli 2018 hingga waktu yang belum ditentukan," jelas Sudijono dalam pengumuman tertulisnya.

Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sebut jika evakuasi para pendaki yang berada di Gunung Rinjani masih dilakukan oleh petugas.

"Berdasarkan data dari Balai Taman nasional Gunung Rinjani (BTNGR), jumlah pendaki ke Gunung Rinjani tercatat 826 jiwa, baik wisatawan asing dan nusantara," ucapnya.

Hasil laporan dari BTNGR Resor Senaru sebanyak 115 wisatawan asing sudah turun di Senaru Kabupaten Lombok Utara. Proses evakuasi pendaki masih dilakukan oleh petugas BTNGR, Kantor SAR Mataram, Brimob Polri NTB dan relawan.

Reporter: Jumali
Editor: Gunadi
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners