Rekomendasi

Perbaikan dan Kelengkapan Berkas Bacaleg, KPU Beri Waktu Satu Minggu

Minggu, 22 Juli 2018 : 15.48
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, memberikan waktu selama satu minggu kepada partai politik (Parpol) untuk melakukan perbaikan dan melengkapi persyaratan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang telah didaftarkan ke penyellenggara pemilu tersebut.

Perbaikan dan lelengkapan administrasi Bacaleg, harus diterima pada tanggal 31 Juli 2018 mendatang. Jika tidak dilengkapi, maka Bacaleg yang telah didaftarkan oleh masing-masing Parpol tersebut, akan dicoret.

Hal tersebut dikatakan Komisioner KPU divisi teknis, Muhammad maksum kepada hariankota.com usai meneyerahkan berita acara hasil pemeriksaan berkas Bacaleg.

Menurut Maksum, dari hasil pemerikasaan yang dilakukan, sejumlah bacaleg, belum melampirkan surat keterangan kesehatan, Ijazah yang belum dilegalisir, serta surat keterangan belum pernah terlibat kasus pidana dari Pengadilan Negeri (PN).

“Berita acara hasil pemerikasaan, ada sejumlah Bacaleg yang belum memenuhi syarat. Kami berikan waktu selama satu minggu untuk dilakukan perbaikan dan melengkapi persyaratan,” kata Muhammad Maksum, Minggu (22/07/2018).

Sementara itu, mengenai persyaratan wakil bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, yang terdaftar sebagai Bacaleg dari daerah pemilihan (Dapil) I, Maksum mengatakan, baru malampirkan surat keterangan pengunduran diri dari pejabat berwenang.

“Untuk wakil bupati Karanganyar yang terdaftar sebagai Bacaleg, yang bersangkutan baru menyerahkan surat keteranagan mengundurkan diri. Satu hari sebelum penetapan daftar caleg tetap, surat keputusan pengunduran diri sebagai wakil bupati sudah harus diterima oleh KPU,” jelasnya.

Sekretaris DPD PKS Karanganyar, Darwanto, ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Minggu (22/07/2018), membenarkan jika Rohadi Widodo yang terdaftar sebagai Bacaleg tersebut, baru melampirkan surat keterangan penguduran diri dan saat ini masih dalam proses pembeerhentian dari pejabat berwenang.

Namun secara keseluruhan, berkas dari bacaleg yang diusung PKS, seluruhnya teleh memenuhi persyaratan.

“Untuk pak Rohadi Widodo, memang baru ada surat pernyataan pengunduran diri. Surat keputusan pemberhentian dari pejabat berwenang, akan diserahkan sebelum ditetapkan daftar calon legislatf tetap oleh KPU,” jelasnya.

Disisi lain ketua DPD PSI Karanganyar, Anwar Mustofa, salah satu persyaratan yang belum dipenuhi oleh Bacalegnya adalah surat keterangan kesehatan.

“Kita terkendala waktu. Kami segera melengkapi dan sebelum batas waktu penutupan, seluruhnya sudah selesai,” kata dia.


Kontributor: Iwan Iswanda
Editor: Martin
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners