Rekomendasi

Permudah Pemeriksaan Identitas Jamaah Calon Haji, Embarkasi Solo Gunakan Biometrik

Senin, 16 Juli 2018 : 19.55
Published by Hariankota
BOYOLALI - Untuk kali pertama Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1934 H/2018, Embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan, Boyolali menerapkan pemeriksaan identitas calon haji yang akan berangkat ke tanah suci menggunakan teknologi Biometrik.

Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo, Arief Mundzir saat ditemui, di Asrama Haji, Donohudan, Ngemplak, Boyolali, menjelaskan, penerapan penggunaan biometrik yang mirip pembuatan KTP Elektronik ini bertujuan membantu para jamaah agar tak kesulitan lagi saat akan masuk ke Arab Saudi.

"Untuk kali pertama, khususnya di Embarkasi Solo pada tahapan awal pemberangkatan, dilakukan pemeriksaan Biometrik, yakni, pemerikasaan retina, wajah dan sidik jari," jelasnya, Senin (16/7/2018).

Tujuan pemeriksaan ini menurut Arief, salah satunya untuk mengidentifikasi warga negara asing (Indonesia) yang akan masuk ke wilayah Kerajaan Arab Saudi.

"Misalnya ada yang tersangkut tindak pidana terorisme, maka dari data wajah maupun sidik jari akan langsung ketahuan. Dan ini, sesungguhnya merupakan standar internasional," imbuh Arief

Sebelumnya, pemeriksaan seperti ini (Biometrik) kata Arief,  dilakukan di Arab Saudi setelah para jamaah sampai di Bandara.

Hanya saja, selama ini seringkali memakan waktu lama lantaran terkendala bahasa. Oleh karenanya, sekarang biometrik di uji cobakan di Indonesia khususnya di Embarkasi Solo.

"Selain Solo, saat ini bimetrik juga di ujicobakan di Embarkasi Surabaya dan Jakarta. Untuk Solo, kami menyiapkan 20 peralatan biometrik terdiri, komputer terkoneksi secara online, alat pindai retina dan sidik jari," sebutnya.

Alur pemeriksaan biometrik disebutkan Arief dilaksanakan sebelum para jamaah masuk karantina di Embarkasi. Pemeriksaan butuh waktu sekira 1 -7 menit tiap satu orang calon haji. Sehingga total waktu yang dibutuhkan untuk satu rombongan (kloter) diperkirakan butuh 3 jam.

Sementara itu, untuk jadwal kloter pertama, Embarkasi Solo akan menerbangkan sebanyak 359 jamaah calon haji asal Tegal.

Acara pelepasan sendiri akan dilaksanakan, Selasa (17/7/2018) dinihari sekira pukul 01.00 WIB, dan setelah itu diterbangkan pukul 05.35 WIB menuju Madinah.

Kloter pertama asal Tegal merupakan salah satu dari total 95 kloter asal Jateng dan DIY yang akan diberangkatkan Embarkasi Solo. Sementara untuk total jumlahnya sebanyak 34.112 jamaah calon haji, terbagi 30.479 asal Jateng dan 3.158 dari DIY, serta ada tambahan 475 petugas kloter.


Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More