Rekomendasi

Pilpres 2019, Presiden PKS Wacanakan 2 Poros Lawan Incambent

Minggu, 08 Juli 2018 : 20.00
YOGYAKARTA - Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden semakin dekat. Namun, hingga saat ini belum ada nama yang mengerucut siapa yang bakal melawan incambent dalam perhelatan lima tahunan ini.

Presiden PKS Sohibul Iman mewacanakan dua poros dari lima parpol diluar istana (Gerindra, PKS, PAN, Demokrat, dan PKB) melawan incambent. Meski demikian, wacana itu belum mengerucut apakah lima parpol bergabung mengusulkan satu calon atau dua calon.

"Dari lima parpol diluar istana bisa muncul dua poros. Misal PKS yang memiliki 7% dan Gerindra yang memiliki 13% bisa mengajukan satu calon," katanya pada wartawan usai syawalan dengan sekira 3000 kader PKS DIY di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Minggu (8/7/2018).

Sedangkan tiga parpol lainnya, kata dia, juga mengusung satu calon kandidat yang bertarung. Sehingga, dalam perhelatan Pilpres 2019 nanti terdapat tiga pasangan (incamben dan dua poros diluar istana).

"Misal nanti salah satu poros kalah, sebaiknya mendukung poros yang menang melawan incambent," imbuhnya.

Wacana itu juga masih digodok karena komunikasi dengan sejumlah parpol baik di luar istana maupun di dalam istana, masih berjalan cukup cair. Begitu juga dengan nama-nama yang dinilai masih belum final dalam perhelatan ini.

"Kalau di kita (PKS) sudah ada 9 nama yang dulu kita umumkan, tapi komunikasi dengan parpol lain ini terus berjalan," katanya.

Nama Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) dinilai cukup populer sebagai salah satu calon yang potensial melawan incambent. PKS sendiri mau mendukung Anies secara penuh asal dia sebagai Capres, bukan cawapres.

"PKS akan dukung Anies all-out jika dicalonkan sebagai Capres, bukan sebagai Wakil Presiden. Pertimbangannya beliau adalah Gubernur DKI Jakarta, dimana waktu itu perjuangannya cukup panjang untuk memenangkannya," jelasnya.

Anies yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, kata Sohibul, lebih baik tetap menjabat sebagai gubernur dibanding sebagai Cawapres. PKS sendiri sudah mengumumkan 9 nama dari internal yang layak jadi capres dan cawapres.

Sementara incambent yang diusung PDI Perjuangan, Joko Widodo sudah mengantongi nama pendamping. Hanya saja, belum disampaikan ke publik siapa bakal cawapres yang akan mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. (*)


Kontributor : Danang
Editor : Ferizka Dini
Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners