Rekomendasi

Renovasi Habiskan Rp 200 Miliar, Stadion Manahan Diubah Tiru Gelora Bung Karno

Kamis, 12 Juli 2018 : 19.51
SOLO - Setelah melalui tahap lelang, akhirnya Stadion Manahan kebanggan warga Solo bakal direnovasi. Salah satunya tempat duduk penonton akan diganti menjadi single seat seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta. Hal itu dikatakan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Kamis (12/7/2018).

"Dari Adi Karya (kontraktor pemenang lelang) pengerjaan (renovasi) akan dimulai bulan September tahun ini," kata Rudy.

Dengan dimulainya proyek renovasi senilai Rp 200 miliar tersebut, maka konsekuensinya jadwal pembukaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jateng pada bulan Oktober nanti, terpaksa harus dipindah lokasinya yakni, ke Stadion Sriwedari.

Tak hanya itu saja, home base tim sepak bola Persis Solo yang kini tengah berkiprah di Liga 2, dari semula di Stadion Manahan, oleh Walikota juga diminta sementara waktu bergeser ke Stadion Sriwedari.

"Kami memilih mengalah untuk memindahkan pembukaan Porprov Jateng pada bulan Oktober nanti ke Stadion Sriwedari. Daripada (renovasi) mundur setelah Porprov, terus anggarannya hilang, kan malah repot," ujar Rudy.

"Ini demi (stadion) Manahan yang lebih baik," ujarnya.

Renovasi stadion berkapasitas 25 ribu penonton ini, sesuai rencana dilakukan hampir menyeluruh dan akan selesai pada Oktober 2019. Beberapa yang menjadi target renovasi diantaranya, mulai rumput, atap, tempat duduk penonton hingga lampu stadion.

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri, menyatakan, selama pelaksanaan proyek renovasi, semua aktivitas di dalam kawasan Stadion Manahan akan disterilkan.

"Selama pembangunan harus steril. Kalau tidak, bisa membahayakan orang. Harus dibuat zona aman pada saat pelaksanaan konstruksi, itu hukumnya wajib," tegasnya. Ditambahkan Joni, bahwa proyek renovasi Stadion Manahan ini dilakukan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. 


Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Dwi Rahayu
Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners