Rekomendasi

Solo Antusias Sambut Kedatangan Api Obor Asian Games

Kamis, 19 Juli 2018 : 14.57
Published by Hariankota
SOLO - Penampilan kesenian tarian rakyat dari komunitas Lembu Suro (sapi hitam -Red) menyambut kedatangan rombongan Kirab Api Obor atau Torch Relay Asian Games 2018 di Kota Solo, tepatnya di Gapura Makutho, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kamis (19/7/2018).

Ratusan warga terlihat antusias menyesaki lokasi penyambutan ditengah terik panas matahari. Api obor semula dijadwalkan sekira pukul 11.00 WIB tiba dari Yogyakarta. Namun dalam perjalanannya, rombongan dengan mobil yang dikawal Polisi ini, baru sampai dilokasi penyambutan sekira pukul 12.30 WIB

Di Tugu Makutho, api obor Asian Games 2018 yang berada dalam wadah mirip lampu kapal berwarna kuning keemasan langsung diserahkan kepada Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan disambut dengan ucapan selamat datang.

"Saya terima penyerahan api obor Asian Games di Kota Solo," sambut Walikota singkat, saat menerima api obor yang lantas dibawa naik ke panggung untuk selanjutnya secara estafet dibawa pelari menyusuri jalan protokol Kota Solo.

Pada kesempatan itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, menjadi pelari pertama yang membawa obor secara estafet hingga sejauh sekitar 500 meter untuk kemudian disambung pelari berikutnya, yakni, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto.

Sedikitnya ada 18 pelari estafet pembawa obor terdiri, pejabat, baik Sipil, TNI dan Polri, serta perwakilan atlit dari beberapa cabang. Selain itu juga ada artis kenamaan Dian Sastro Wardoyo dan Mario Lawalatta.

Adapun perhentian terakhir estafet api obor adalah Balaikota Solo, dimana akan menginap semalam sebelum esuk pagi harinya, Jum'at (20/7/2018) dibawa ke Bandara Adi Soemarmo


Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Dwi Indah
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More