Rekomendasi

TGB Dukung Jokowi, Ini Kata Muhammadiyah

Sabtu, 07 Juli 2018 : 20.00
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Dukungan yang diberikan Tuan Guru Bajang (TGB) terhadap Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinan nasional selama dua periode, ditanggapi biasa oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Kepada sejumlah wartawan, sebelum memberikan pengajian kepada calon jamaah haji di halaman RS PKU Muhammadiyah, Jumat (06/07/2018) malam, wakil ketua PP Muhammadiyah, Profesor Yunahar Ilyas, mengatakan, jika dukungan tersebut merupakan hak pribadi.

Menurutnya, Muhammadiyah tidak akan berbicara dan mengomentari orang lain. Yang jelas, lanjutnya, Muhammadiyah secara kelembagaan bersikap netral dan tidak akan memasuki ranah politik praktis.

“Dukungan itu (terhadap presiden Jokowi, red) adalah hak mereka, hak individu. Kami tidak mau mengomentari orang lain. Jika ada ulama yang mendukung, itu hak pribadi. Perlu saya tegaskan, Muhammadiyah, secara persyarikatan, akan bersikap netral dan tidak akan berpolitik praktis,” katanya.

Dijelaskannya, soal kriteria calon presiden, Muhammadiyah akan membuat kriteria  yang akan disampaikan kepada seluruh warga, tanpa menyebut nama dan dari partai mana.

“Kita akan buatkan kriteria presiden. Kita tidak sebut nama. Nanti Kita undang pimpinan Muhammadiyah ke Jogjakarta, lalu kita sampaikan kriterianya. Biarkan warga yang memilih berdasarkan kriteria yang kita sampaikan,” tegasnya.

Ditambahkannya, bagi Muhammadiyah, yang penting bagaimana mendapatkan pemimpin yang jujur, yang beriman, adil, yang kompeten dan mau memperjuangkan Islam, darimanapun partainya dan siapapun orangnya.


Kontributor : Iwan Iswanda
Editor : Ferizka Dini
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners