Rekomendasi

Wakil Bupati Soal SKTM, Jangan Sembarangan Keluarkan SKTM

Jumat, 13 Juli 2018 : 18.20
KARANGANYAR - Jika semua pihak konsisten, kisruh soal surat keterangan tidak mampu (SKTM) tidak akan terjadi. Hal tersebut dikatakan wakil bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, kepada hariankota.com, Jumat (13/07/2018).

Menurut Rohadi, berdasarkan pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) tahun 2015, jumlah keluarga miskin di Karanganyar, sejumlah 77.079 kepal keluarga (KK).

“Sesuai dengan kesepakatan nasional daftar kemiskinan menggunakan data PBDT 2015. Kisruh SKTM tidak akan terjadi jika konsisten gunakan data itu. Siapa yang masuk kategori miskin sudah lengkap, by name dan by adrees,” kata Rohadi Widodo, Jumat (13/07/2018).

Dijelaskannya, dalam membuat dan mengeluarkan SKTM, tidak sembarang dapat dilakukan dan harus berpatokan dengan data yang ada. “SKTM harusnya berpatokan data ini. Tidak sembarang orang dapat membuat SKTM. Masing-masing desa dan camat sudah punya data ini,” jelasnya.

Kisruhnya PPDB tahun ini, lanjut Rohadi, tidak terlepas dari peruban sistem pendidikan, yang tidak membedakan sekolah favorit dan tidak favorit. Meski demikian, dalam prosesnya, harus dilakukan secara ketat.

“Jangan sampai siswa yang memiliki prestasi dengan nilai bagus, kalah dengan siswa yang memiliki skt dengan nilai yang tdak baik. Kasihan siswa yang berprestasi ini, karena telah berupaya belajar untuk memperoleh nilai baik, tapi gagal dengan mereka yang membawa SKTM,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam proses PPDB di Karanganyar, para orang tua siswa yang akan mendaftarkan putera-puterinya dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online, mengeluhkan maraknya surat keteragan tidak mampu (SKTM) sebagai persyaratan agar calon siswa diterima di sekolah tujuan.

Informasi yang dihimpun hariankota.com, orang tua siswa yang berstatus sebagai guru PNS, mengurus SKTM untuk kepentingan pendaftaran siswa baru. Kondisi ini, cukup memprihatinkan.


Kontributor : Iwan Iswanda
Editor : Mahardika Hari
Bagikan :

Video: Sandiaga Uno Beri Sorban saat Bertemu Pendukung Jokowi

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners