Rekomendasi

Akhir Agustus 2018 Seleksi CPNS Resmi Dibuka, Cek Kesiapannya Yuk

Minggu, 12 Agustus 2018 : 12.33
Published by Hariankota
Ilustrasi (Foto: Faktualnews)
SELEKSI Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akhir Agustus ini resmi dibuka setelah batal di lakukan pada akhir Juli. Berbagai persiapan matang seleksi CPNS terus dilakukan Badan Kepegawaian Negara serta pihak terkait agar seleksi ini tak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Berikut ini fakta-fakta tentang lowongan kerja dari BUMN, yang dirangkum oleh hariankota bisnis:

1. Seleksi dilakukan akhir Agustus 2018
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir mengatakan, pihaknya akan segera mengumumkan formasi serta persyaratan untuk menjadi abdi negara tersebut ditargetkan pada akhir Juli 2018.

2. Komposisi kebutuhan CPNS 2018 Masih di hitung Pemerintah
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir mengatakan, pemerintah tengah dalam tahap finalisasi validasi data untuk lowongan CPNS 2018.

Data tersebut merupakan data kebutuhan pegawai yang diajukan oleh masing-masing Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah kepada Kemenpan-RB. "Nanti setelah final semua sudah siap baru akan kita sampaikan kepada masyarakat," jelasnya.

3. Rencana Penerimaan CPNS 2018 Komposisi Masih Dihitung BKN
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir mengatakan, Untuk mekanisme pendaftarannya lanjut, Mudzakir nantinya akan di atur oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Termasuk juga mekanisme seleksinya yang mana semuanya lewat metode seleksi berbasis komputer (CAT).

"Setelah proses pendaftaran nanti tentu akan secara teknis akan dikelola oleh BKN," ucapnya.

4. Tanggal Resmi Penerimaan CPNS Segera diumumkan Pemerintah
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto meminta kepada masyarakat untuk sabar menunggu. Dirinya menyebutkan, jika pengumuman pembukaan CPNS akan diumumkan secara resmi oleh Kemenpan-RB.

"Tunggu saja informasi dari sumber resminya (dari) Kemenpan-RB," ucapnya.

5. Bocoran Formasi CPNS 2018
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, untuk formasinya nantinya akan diutamakan untuk mengisi pegawai di daerah. Utamanya adalah untuk yang berada di daerah terluar, tertinggal dan terdepan.

"Saya sampaikan bahwa kebijakan penetapan formasinya diutamakan untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, terdepan," ujarnya dalam acara pembukaan rapat koordinasi BKN. 

Diolah dari berbagai sumber
Editor: Rahayu
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More