Rekomendasi

Cucu Jokowi Lahir Rabu Pon, Ini Ramalan Kraton Kasunanan Surakarta

Rabu, 01 Agustus 2018 : 18.10
SOLO -  Kelahiran cucu kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution disambut dengan penuh kebahagiaan dan suka cita. Kebahagiaan itu juga terbagi mengalir luas pada berbagai lapisan masyarakat melalui ucapan selamat.

Ucapan selamat itu, salah satunya datang dari Putri Keraton Surakarta Hadiningrat, Gusti Raden Ayu Wandansari yang akrab dengan panggilan Gusti Mung.

"Mewakili keluarga Keraton Kasunanan Surakarta, saya mengucapkan selamat berbahagia kepada keluarga Presiden Jokowi, yang pagi tadi dianugerahi seorang cucu putri," kata Gusti Mung saat ditemui di kantornya, komplek Keraton Surakarta Hadiningrat, Rabu (1/8/2018).


Menurut Gusti Mung, sesuai kepercayaan adat yang berlaku di keraton, kelahiran cucu Presiden Jokowi yang berjenis kelamin perempuan pada, Rabu, 1 Agustus 2018 atau dalam hitungan hari kalender Jawa, Rabu Pon ini, bermakna cantik.

"Yang pasti, Pon itu sendiri bermakna cantik. Lha, ini sesuai, kebetulan cucu presiden juga seorang perempuan," kata Gusti Mung.

Berdasarkan hitungan hari (weton) kalender Jawa dalam Primbon, weton Rabu Pon memiliki angka (neptu) 14. Nilai angka tersebut diperoleh dari penjumlahan antara nilai hari Rabu (7)  dan nilai pasaran Pon (7).

Watak yang digambarkan seperti 'lakuning rembulan' ( jalannya bulan), yakni, pandai menentramkan hati serta berjiwa sosial tinggi.

"Kalau kebiasaan di keraton agar saat melahirkan lancar, pada kehamilan umur 8 bulan dibuatkan 'jenang procotan' atau bubur khas yang dibuat menjelang melahirkan. Saya percaya sebagai orang Jawa keluarga pak Jokowi pasti sudah melakukan ini (membuat jenang procot)," pungkasnya.


Kontributor: Sapto Nugroho 
Editor: Gunadi


Bagikan :

Video: Sandiaga Uno Beri Sorban saat Bertemu Pendukung Jokowi

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners