Rekomendasi

Deretan Pengibaran Bendera Merah Putih di Lokasi Mainstream Ini Bikin Bangga

Sabtu, 18 Agustus 2018 : 09.18
HARI kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 yang jatuh pada 17 Agustus 2018 memang harus dirayakan dengan penuh semangat. Salah satu cara yang paling tepat untuk mengingat dan menumbuhkan semangat kemerdekaan adalah melakukan upacara dengan khusuk.

Sebagai wujud semangat nasionalisme yang sangat tinggi, upacara pun tidak hanya dilaksanakan di sebuah lapangan. Mereka justru ingin melakukan upacara dengan cara yang anti-mainstream tanpa meninggalkan kekhidmatan dalam sebuah acara.

Penasaran seperti apa aneka upacaranya? Berikut pengibaran bendera merah putih yang telah di rangkum hariankota.com satu per satu.

1. Upacara di dalam gua
Ada saja cara unik yang dilakukan oleh para pemuda pencinta alam di Tuban, Jawa Timur dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia. Para pemuda ini melakukan upacara di bawah air terjun di dalam Goa Ngerong sedalam dua kilometer.

Upacara unik ini sengaja dilakukan di dalam goa agar lebih khidmat dan turut merasakan perjuangan keras para pahlawan, sebagaimana rintangan yang dilalu oleh sekelompok orang ini untuk bisa mencapai ke dalamnya.

Suasana air terjun di dalam Goa Ngerong, Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Tuban dengan air terjun sejauh dua kilometer memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Hal inilah yang membuat mereka memutuskan untuk melakukan upacara di dalam goa ini.

2. Upacara di puncak gunung
Jika artikel di atas menceritakan tentang upacara di dalam goa, namun berbeda dengan hal yang satu ini. Para pendaki pernah melakukan upacara bendera di atas Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Pada 2016 lalu, tercatat 1000 pendaki mendaftarkan diri masuk melalui jalur Cemoro Sewu.

3. Pengibaran Bendera Merah Putih di Tebing terjal
Bendera merah putih berukuran 30x15 meter berhasil dikibarkan puluhan mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) 45 Makassar di tebing terjal dan tajam di Enrekang tepat perayaan Kemerdekaan ke 73 RI.

Tebing mandu yang terletak di Kelurahan Tanete, Kecamatan Anggeraja tersebut memiliki ketinggian 164 meter. Aksi pembentangan bendera merah putih itu dilakukan tepat peringatan 17 Agustus 2018 Pukul 07.30 Wita.

4. Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Tertinggi di Dunia
Seorang pendaki gunung kenamaan penyandang difabel tuna daksa (berkaki satu), Sabar Gorky (50), berhasi mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi di dunia, Gunung Elbrus di Rusia tepat di hari kemerdekaan ke 73 RI.

5. Kibarkan Bendera Merah Putih Terbanyak
Menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) RI ke 73 di Karanganyar, ribuan bendera Merah Putih, dengan ting yang terbuat dari bamboo, tertancap di segala penjuru Kebun Teh Gunung Cilik, yang berada Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Penancapan 1945 bendera merah putih dengan ukuran 60X90 cm ini merupakan puncak Kirab Agung Bendera Pusaka di Gunung Cilik.


Reporter: Rahayu
Editor: Rahayu
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners