Rekomendasi

Dua Sapi Kurban Presiden Jokowi Dibeli dari Sukoharjo

Selasa, 21 Agustus 2018 : 22.40
Sapi milik Kuncoro dari Polokarto, Sukoharjo yang dibeli sebagai kurban Presiden Jokowi pada Iduladha tahun ini, untuk diserahkan ke Masjid Al Wustho dan Masjid Agung Kota Solo (Foto Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Dua ekor sapi super jenis Limousine dan Simmental dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk keperluan kurban di dua masjid yang berada di Kota Solo pada perayaan Idul Adha 2018 / 1439 H kali ini.

Kedua hewan ternak yang diserahkan ke Masjid Al Wustho Mangkunegaran dan Masjid Agung Keraton Solo tersebut, dibeli dari Kuncoro Budi Santosa, seorang peternak sapi dari Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, yang kembali mendapat kepercayaan menyediakan hewan kurban bagi Presiden Jokowi.

"Dua sapi yang dibeli Pak Jokowi ini, untuk jenis Simintal bobotnya sekitar 1,1 kwintal, diberi nama Bagus. Sedang yang satunya, jenis Limousin, bobotnya sekitar 960 kilogram, namanya Kresno," kata Kuncoro kepada hariankota.com, Selasa (21/8/2018).

Diungkapkan Kuncoro, sekira satu bulan lalu, sengaja ia mengirimkan penawaran melalui foto hewan ternak miliknya kepada asisten Menteri Sekretaris Kabinet RI. Waktu itu, kata Kuncoro, ada lima sapi istimewa yang di tawarkannya. Namun, dari lima sapi tersebut, akhirnya hanya dua sapi yang dibeli, yakni, Bagus dan Kresna.

"Untuk harga, Pak Jokowi memberikan lebih. Tapi maaf, saya tidak bisa menyebutkannya," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo, Netty Harjanti memastikan hewan kurban yang ada di wilayah Kabupaten Sukoharjo aman. Pihaknya hingga kini belum menemukan adanya penyakit atau kasus tertentu.

"Namun begitu, kami tetap waspada. Petugas kesehatan hewan tetap siaga untuk mewaspadai jika ada temuan, khususnya pada sapi yang mengalami sakit paru paru dan kelainan hati," terangnya.

Netty menegaskan,, kewaspadaan tetap menjadi prioritas, mengingat penyakit paru - paru dan hati pada sapi baru ketahuan setelah disembelih. Oleh karenanya, Dinas Pertanian akan mengirimkan petugasnya untuk.melakukan pemantauan pada saat penyembelihan hewan kurban.

Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners