Rekomendasi

Dukung Neno Warisman Hadir di Solo, Ikadin Surati Polisi

Rabu, 29 Agustus 2018 : 15.08
Dukung Neno Warisman Hadir Di Solo, Ikadin Surati Polisi (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Munculnya spanduk penolakan di beberapa sudut Kota Solo atas rencana kegiatan jalan sehat Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 yang juga bakal di hadiri Neno Warisman, mendapat tanggapan dari Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Cabang Solo yang mendukung dan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Secara resmi Ikadin Cabang Solo melayangkan surat ditujukan kepada Kapolresta Solo, meminta agar pihak kepolisian dapat berlaku adil dan bijaksana menyikapi dinamika yang muncul dengan tidak gegabah mengambil keputusan untuk melarang terselenggaranya acara termasuk tidak mengijinkan Neno hadir di tengah peserta jalan sehat.

"Ini sudah sesuai aturan. Bahwa kami sebagai warga negara Indonesia berhak berkumpul, berserikat, dan menyampaikan pendapat, sesuai yang diatur dalam pasal 28E ayat (3) UUD' 45," terang Muhammad Taufiq, Ketua Ikadin Cabang Solo melalui rilisnya kepada hariankota.com, Rabu (29/8/2018).

Sebagai organisasi yang berkecimpung dalam dunia hukum, Ikadin menentang keras terhadap pihak - pihak yang melarang maupun menolak rencana kegiatan yang disebutkan Taufiq, sama sekali tidak melanggar undang-undang yang berlaku di Indonesia.

"Maka, dalam hal ini, kami minta, polisi sebagai penegak hukum yang berwenang menjaga keamanan dan mengayomi masyarakat, sudah seharusnya memberikan ruang yang aman kepada setiap warga negara tanpa ada diskriminasi perlakuan. Ini sesuai Pasal 13 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang tupoksi Polisi," katanya.

Taufiq pun menampik tudingan, jika kegiatan jalan sehat yang akan diselenggarakan pada, Minggu, 9 September mendatang merupakan acara kampanye partai politik dikaitkan dengan menjelang pesta demokrasi Pilpres 2019.

"Ini bukan kampanye, tidak ada sama sekali simbol - simbol partai politik, dan juga tidak ditunggangi kepentingan politik manapun. Ini kegiatan masyarakat yang ingin menyuarakan aspirasi demi kebaikan bangsa," tandas Taufiq.

Namun, apabila rencana kegiatan tersebut dilarang, maka Taufiq juga meminta kepolisian untuk memberlakukan hal yang sama terhadap kegiatan - kegiatan sejenis, tanpa memandang siapa penyelenggaranya.

"Misalnya, jika ada kegiatan dukungan kepada Presiden Jokowi untuk 3 periode sekalipun. Maka, itu juga harus dilarang," tegasnya.

Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners