Rekomendasi

Hutan Gunung Lawu Terbakar, Semua Jalur Pendakian Ditutup

Rabu, 22 Agustus 2018 : 17.42
Hutan Gunung Lawu Terbakar, Semua Jalur Pendakian Ditutup (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - BPBD Kabupaten Karangnyar bersama tim Anak Gunung Lawu (AGL) masih terus melakukan penyisiran di Gunung Lawu bagian utara, Selasa (21/8/2018) hingga Rabu (22/08/2018) pagi.

Ketua Anak gunung Lawu (AGL) Rusdiyanto, ketika dihubungi hariankota.com, melalui telepon selularnya, mengatakan, titik apai saat ini berada di jalur pendakian melalui Candi Cetho, tepatnya di Gupakaan, Menjangan.

“Titik apai berada di di daerah jalur Cetho, atau di Gupakan Menjangan. Perkembangan selanjutnya akan kami kabari mas, karena tim masih berada di atas,” ujarnya melalui telepon selularnya, Rabu (22/08/2018).

Sementara itu, Budi Santoso, salah satu anggota AGL, ketika dihubuni hariankota.com, Rabu (22/08/2018) mengatakan, titik api berada di area padang rumput yang bgerada di Utara Pos 4, serta Argo Pluso.

Menurut Budi, upaya pemadaman sudah dilakukan oleh Relawan Cetho (Recho) dengan cara manual. Hingga Rabu (22/08) pagi, api masih menyala, namun kecil. “Api memang masih menyala, tapi kecil, karena sebelumnya dilakukan pemadaman oleh tim Recho,” jelas Budi.

Mengenai penyebab terjadinya kebakaran, Budi mengaku belum mengetahui secara pasti. Hanaya saja, menurutnya, api bisa saja terjadim karena faktor alam, dan kelalaian para pendaki.

Menegenai para pendaki, lanjut Budi, sebanyak 19 pendaki, seluruhnya sudah turun. Terakhir, para pendaki yang berasal dari Rembang sudah turun melalui Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu.

“Pendaki sudah aman. Awalnya ada Sembilan belas pendaki. Empat pendaki turun lebih dahulu. Terakhir turun hari Selasa malam rombongan Rembang sebanyak 15 pendaki. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami sepakat, seluruh jalur pendakian ditutup, baik yang melalui jalur Cetho, Cemoro Kandang maupun Cemoro Sewu, sampai batas waktu yang belum ditentukan,” pungkasnya.

Sebelumnya menerima kabar yang menyebut, ada kepulan asap yang terlihat dari bagian utara gunung Lawu. Senin (20/8/2018) lalu tim mulai menyisir area Gunung Lawu untuk memastikannya. 

Kontributor: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners