Rekomendasi

Karhutla, BNPB Upayakan Hujan Buatan

Selasa, 21 Agustus 2018 : 20.40
JAKARTA - Sekitar tujuh wilayah masuk daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Diantaranya wilayah Sumatera, Kalimantan terutama di Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Untuk kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi Kalimantan Barat terus dilakukan pemantauan bersama pihak terkait, juga satgas terpadu yang terdiri dari satgas udara maupun darat.

"Pantauan terus dilakukan bersama dinas terkait dan melibatkan juga satgas terpadu," jelas Sutopo, Selasa (21/8/2018).

Menurutnya wilayah yang terbakar merupakan daerah gambut dan kering yang sulit untuk dipadamkan jika terjadi kebakaran. Akibat dari karhutla, menimbulkan korban jiwa. Pasalnya asap kebakaran karhutla juga berpotensi menimbulkan penyakit saluran pernafasan.

Kebakaran hutan di Kalbar ada empat orang meninggal dunia. Sebelumnya juga ada beberapa korban luka akibat kegiatan membakar kebun dan menyambar tempat pondokannya dan satu orang meninggal dan dua orang kritis juga terjadi di Kalimantan Barat.

"Untuk penanganannya saat ini kita sedang upayakan pemadaman api dengan cara membuat hujan buatan untuk mengurangi terjadinya karhutla.

Karhutla di Kalimantan Barat makin meluas, ada empat kota dan kabupaten yang terdampak akibat kebakaran hutan dan lahan. Pihak kepolisian sendiri berupaya melakukan penyelidikan dan hasilnya 5 orang pelaku sudah berhasil diamankan.


Editor: Gunadi
Sumber: BNBP
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners