Rekomendasi

Ketua PPAD: Tahun Politik, Purnawirawan Harus Kedepankan Politik Kenegaraan

Sabtu, 25 Agustus 2018 : 20.16
Ketua PPAD: Tahun Politik, Purnawirawan Harus Kedepankan Politik Kenegaraan (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Menghadapi tahun politik, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), Letjend TNI AD (purn) Kiki Syahnakri mengingatkan kepada seluruh anggota PPAD agar selalu mengedepankan politik kenegaraan demi keutuhan NKRI, bukan politik praktis untuk tujuan kekuasaan golongan.

"Memang tidak ada larangan bagi purnawirawan untuk berpolitik. Karena itu sudah menjadi haknya setelah tidak lagi aktif berdinas di militer. Tapi satu hal yang harus selalu diingat, meski sudah pensiun jiwa Sapta Marga itu masih melekat, dan harus selalu dijaga," kata Kiki saat hadir di acara HUT PPAD ke-15, di pendopo rumah dinas Wakil Walikota Solo, Sabtu (25/8/2018)

Sesuai dengan tujuannya, sejarah terbentuk PPAD adalah agar para purnawirawan tetap bisa berperan dalam mendukung tugas - tugas TNI AD. Tentunya bukan lagi di kemiliteran, tapi mendukung dalam bidang sosial kemasyarakatan.

"Saat ini, banyak purnawirawan TNI AD yang berkiprah dikancah politik dengan masuk menjadi bagian dari parpol, seperti, Gerindra, PDI Perjuangan dan Golkar. Tapi, sekali lagi tujuannya harus untuk menjaga tetap tegaknya NKRI," tegas mantan Wakasad TNI tahun 2000 hingga 2002 ini.

Dijelaskan Kiki, PPAD secara resmi berdiri pada tanggal 6 Agustus 2003 silam, maka disepakati tanggal tersebut dijadikan sebagai hari jadi PPAD.

"PPAD bukan kekuatan politik tetapi memiliki kekuatan moral dan tidak mempunyai ambisi kekuasaan. Setiap anggotanya memiliki hak politik sesuai aspirasi masing-masing dan bebas menjadi anggota parpol, tetapi anggota PPAD yang sudah menjadi anggota parpol tidak dapat menjadi pengurus PPAD disemua tingkatan," tandasnya.

Pantauan hariankota.com, selain di hadiri seluruh anggota PPAD Kota Solo, dari ratusan undangan beberapa tokoh pejabat publik, baik sipil, dan militer aktif serta ormas yang berafiliasi dengan TNI juga tampak hadir.

Wakil Walikota Solo, Ahmad Purnomo yang didaulat memberi sambutan menyampaikan apresiasinya atas keberadaan PPAD dan kiprah sosialnya, meski diketahui hingga kini pengurusnya di Kota Solo belum memiliki kantor dan tempat pertemuan.

"Kami persilahkan jika akan menggelar kegiatan menggunakan tempat disini (pendopo rumah dinas Wawali Kota). Tapi mohon maaf, syaratnya, tentu tidak untuk kegiatan politik. Sepanjang untuk kegiatan dalam rangka membangun persatuan dan kesatuan, tidak ada masalah," ujar Wawali Kota. 

Kontributor:Sapto Nugroho
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners